Kamis, 07 Apr 2016 11:18 WIB

Ini Fitur Jagoan YouTube Demi Pikat Gamer Indonesia

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Google telah resmi menghadirkan channel YouTube Gaming di Indonesia. Ada sejumlah fitur andalan yang dijagokan untuk memikat para gamer di Tanah Air. Apa saja?

Dalam video conference bersama para dedengkot YouTube dari San Francisco, AS, yang ikut dihadiri detikINET di kantor Google Indonesia, terungkap ada beberapa fitur jagoan di layanan terbaru ini.

Pertama, fitur personalisasi. YouTube Gaming sendiri dihadirkan untuk menghadirkan pengalaman yang dipersonalisasikan bagi para pecinta game.

User interface (UI) yang fokus pada konten game memudahkan mereka untuk mencari dan mengeksplor titel game berdasarkan pengembang dan channel.

"Saat ini, ada lebih dari 25.000 game yang tersedia di YouTube Gaming. Namun, kemampuan ini hanya tersedia untuk aplikasi mobile versi Android," kata Head of Communication Google Indonesia Putri Silalahi di kantor Google Indonesia, Sentral Senayan II, Jakarta.


Kedua, konten live. Fitur live ini terbilang penting bagi kreator dan pecinta game. YouTube Gaming memberikan pengalaman live streaming sambil chatting dengan komunitas gamer di seluruh dunia, serta memberikan notifikasi agar mereka tidak tertinggal aksi selanjutnya.

"Moderasi chat dan analytics real time juga membantu kreator untuk memonitor performa mereka," kata Putri lebih lanjut.

Kemudian, ketiga, fitur komunitas. Semenjak diluncurkan pada Agustus 2015 lalu, YouTube Gaming telah hadir di tengah event utama seperti E3, Gamescom, dan PAX. Ke depannya, akan ada lebih banyak event disiarkan secara langsung dari aplikasi ini.


Yang tak kalah penting, bagi pengguna perangkat Android, aplikasi YouTube Gaming memiliki fitur Mobile Capture untuk mempermudah proses menyiarkan permainan secara langsung dari ponsel dan tablet.

Kreator tidak memerlukan hardware atau software tambahan, cukup dengan mengetuk tombol 'Go Live', menyalakan kamera depan, dan merekam commentary dengan mikrofon pada perangkat.

Menurut Ines Cha, Head of YouTube Gaming Content & Partnerships Asia Pacific, YouTube Gaming menghubungkan para gamer di seluruh dunia dengan konten, komunitas, dan kultur yang dekat dengan mereka.

"YouTube Gaming akan memudahkan Anda menemukan dan menonton video, live stream, dan berinteraksi dengan komunitas gamer terbesar di Internet. Semua hanya dari satu tempat," jelasnya.

Para pecinta game di Tanah Air saat ini sudah bisa mengakses YouTube Gaming dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store. Sementara pengguna PC bisa mengakses layanan ini lewat situs gaming.youtube.com.

Selain di Indonesia, negara Asia lain yang sudah bisa menikmati layanan ini antara lain Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Hong Kong, dan Taiwan. (rou/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed