Kinect Kesulitan Mengenali Gamer Berkulit Hitam?

ADVERTISEMENT

Kinect Kesulitan Mengenali Gamer Berkulit Hitam?

- detikInet
Jumat, 05 Nov 2010 14:51 WIB
Jakarta - Kinect memang memiliki teknologi canggih yang amat diagungkan oleh Microsoft. Kontroler tersebut mampu mengenali berbagai gerakan pemain untuk dijadikan sebagai pengendali dalam game. Tak peduli anak-anak, remaja, atau pun orang tua dijanjikan dapat menikmati produk ini.

Namun kabar miring mulai dihembuskan oleh Gamespot dan dikutip detikINET, Jumat (5/11/2010). Kabarnya, Kinect tidak dapat mengenali wajah gamer yang berkulit gelap.

Untuk melakukan pembuktian, 2 orang dengan warna kulit yang agak 'gelap' coba memainkan Kinect. Hasilnya, Kinect tidak mampu mendeteksi wajah dengan baik salah satu pemain. Sedangkan untuk gamer yang kedua malah sama sekali tidak teridentifikasi meski telah berulang kali melakukan kalibrasi.

Hal berbeda ketika dicoba oleh seseorang dengan warna kulit yang agak 'terang'. Kinect dapat langsung dengan mudah mendeteksi gamer tersebut tanpa perlu melakukan kalibrasi berulang kali.

Belum ada pernyataan resmi dari Microsoft terkait fenomena ini. Namun yang jelas, sebelumnya sempat disebutkan bahwa Kinect membutuhkan ruangan yang cukup cahaya untuk dapat mengenali wajah dengan baik.
(eno/wsh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT