10 Game Indie Terbaik Tahun 2021, Ada yang Pakai Gamelan Bali!

Year In Review 2021

10 Game Indie Terbaik Tahun 2021, Ada yang Pakai Gamelan Bali!

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 28 Des 2021 19:04 WIB
Mengenal Ember Lab, Developer Game Kena: Bridge of Spirits
10 Game Indie Terbaik Tahun 2021 (Foto: Ember Lab)
Jakarta -

Game indie kerap membawa banyak penyegaran ketika menyuguhkan mekanik permainannya. Dengan tidak terikat oleh pihak tertentu, para pengembangan bebas mengekspresikan keinginan mereka dalam membuat judul yang lebih mengesankan.

Meskipun tidak sepopuler dan sebanyak peminat AAA, game indie menjadi tempat lahirnya ide-ide cemerlang. Bahkan mendorong mereka hampir sesukses judul-judul yang diterbitkan oleh para pengembang besar di luar sana.

Bila dilontarkan pertanyaan mengenai game indie favorit, apa jawaban kalian? Jika memang belum pernah mencoba memainkannya, mungkin daftar 10 game indie terbaik selama tahun 2021 ini, dapat menjadi alternatif gamer, seperti dikutip detikINET dari Gamerant, Selasa (28/12/2021).

10 Game indie terbaik 2021 adalah:

1. Ender Lilies: Quietus of the Knights

10 Game Indie Terbaik Tahun 202110 Game Indie Terbaik Tahun 2021 Foto: (Steam)

Ender Lilies merupakan game Role Playing Game (RPG) dengan mengusung 2D fantasi gelap. Di mana terkuburnya sebuah misteri kerjaan yang telah hancur. Sebagai pemain, kalian akan melakukan petualangan bersama seorang kesatria.

Tujuannya untuk mengungkap semua kebenaran, perjalanan pun dimulai dan kalian akan berhadapan Blighted, monster undead. Mereka bertransformasi oleh curah hujan yang tidak diketahui ternyata dapat merubah suatu kawanan menjadi layaknya mayat hidup.

2. Valheim

10 Game Indie Terbaik Tahun 202110 Game Indie Terbaik Tahun 2021 Foto: (Steam)

Valheim dikembangkan oleh tim yang hanya beranggotakan lima orang saja. Kendati demikian, kualitasnya telah diakui secara luas oleh para kritikus, karena nuansa hidup PvE dan jalan cerita yang disisipkan. Di sini, pemain harus bertahan hidup dari para monster.

Pengembang menyuguhkan fitur untuk membangun tempat perlindungan, membuat alat bertempur dan membunuh bos dari setiap misi berbeda. Di mana kalian akan menapaki jejak petualangan menggunakan perahu atau berjalan kaki.

3. Loop Hero

10 Game Indie Terbaik Tahun 202110 Game Indie Terbaik Tahun 2021 Foto: (Steam)

Loop Hero menjadi salah satu game Roguelikes and Roguelites yang rilis sejak awal tahun 2021. Alih-alih bertarung dengan beragam combat, permainan Four Quarters ini lebih menampilkan gameplay bermain kartu.

Antagonis utama di dalamnya dikenal sebagai Lich. Ia telah menjebak pahlawan di dalam lingkaran waktu setelah dunia berakhir. Tujuannya adalah mengalahkan Lich, dengan membangun kembali dunia menggunakan berbagai macam kartu yang tersedia.

4. Before Your Eyes

10 Game Indie Terbaik Tahun 202110 Game Indie Terbaik Tahun 2021 Foto: (Steam)

Ini menjadi judul paling emosional yang akan ada dalam daftar game indie kali ini. Before Your Eyes, memanfaatkan kedipan mata pemainnya, untuk bisa melanjutkan kisah perjalanan Benjamin "Benny" Brynn yang baru saja meninggal dan akan bertransisi ke alam baka.

Kalian akan mengontrol cerita dan dapat mempengaruhi hasil akhirnya sesuai dengan keinginan. Di dalam permainan, gamer akan terbuai oleh dunia kenangan, baik yang menggembirakan atau memilukan.

5. Chicory: A Colorful Tale

10 Game Indie Terbaik Tahun 202110 Game Indie Terbaik Tahun 2021 Foto: (Steam)

Mungkin permainan ini terlihat sederhana dan kekanak-kanakan. Tetapi memang itulah pesona yang ditawarkan oleh game garapan beberapa developer mulai dari Greg Lobanov, Alexis Dean-Jones, Lena Raine, Madeline Berger, A Shell in the Pit yakni Chicory: A Colorful Tale.

Di sini pemain akan menjelajahi keseruan dari dunia buku. Kekuatan yang dimiliki, yaitu dapat melukis buku tersebut dan nantinya sebagai upaya melanjutkan jalan cerita yang tersaji.

Halaman selanjutnya: Xena yang memakai musik Bali >>>



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Ebi Steam Butter dan Tamago Mentayaki"
[Gambas:Video 20detik]