Ember Lab, Developer Game yang Kepincut Gamelan Bali untuk Game PS5

Gamelan Bali di Playstation 5

Ember Lab, Developer Game yang Kepincut Gamelan Bali untuk Game PS5

Panji Saputro - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 17:40 WIB
Mengenal Ember Lab, Developer Game Kena: Bridge of Spirits
Mengenal Ember Lab, Developer Game Kena: Bridge of Spirits (Foto: Ember Lab)
Jakarta -

Ember Lab, merupakan developer game Kena: Bridge of Spirits yang siap rilis di PS4 dan PS5. Mereka bukan cuma membuat game ini tampil dengan grafis memukau, tapi musiknya juga keren dengan gamelan Bali.

Didirikan pada tahun 2019 oleh Mike dan Josh Grier, Ember Lab bermula sebagai studio animasi dan konten digital. Portofolio mereka mencakup iklan berbasis karakter dan animasi pendek untuk The Coca-Cola Company, Hisense dan MLB.

"Kami berusaha untuk membuat cerita yang imersif melalui inovasi teknis, karakter yang menarik, dan dunia sinematik," tulis Ember Lab, seperti dikutip detikINET dari situs resmi mereka, Senin (28/6/2021).

Ember Lab sendiri berlokasi di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Sebagai bentuk kontribusi dengan kemajuan teknologi, mereka berinovasi dan menghadirkan sejumlah game, dan yang terbaru adalah Kena: Bridge of Spirits.

Untuk game pertama yang mereka kembangkan adalah Crabs and Penguins, hasil kolaborasi mereka dengan Coca-Cola. Awalnya, pada tahun 2011, Ember Lab mengajukan konsep untuk iklan full CGI dan game iOS terintegrasi 60 detik kepada Coca-Cola.

Game tersebut membawa cerita tentang kepiting kecil yang berpetualang di lautan luas, untuk membawa kebahagiaan kepada teman-temannya. Crabs and Penguins awalnya dirancang untuk perangkat seluler berbasis iOS seperti iPad 2, New iPad, dan iPhone 4S.

Sukses dengan Crabs and Penguins, Ember Lab pun mengembangkan game terbaru mereka dan akan siap rilis pada tahun ini. Diberi judul Kena: Bridge of Spirits, game ini segera merambah ke PS4 dan konsol generasi terbaru, yakni PS5.

Menariknya, mereka menyisipkan musik instrumental, kaya akan nuansa Indonesia. Ember Lab bekerja sama dengan musisi asal Bali.

Disusun dan diproduksi oleh komposer Jason Gallaty, soundtrack game Kena: Bridge of Spirit, menampilkan musik tradisional Bali oleh Dewa Putu Berata yang dibawakan oleh Gamelan Cudamani dari Pengosekan, Gianyar, Bali.

Seperti hasil wawancara oleh Game Informer, awalnya Gallaty sendiri mengatakan bahwa dia mendengar musik gamelan Cudamani untuk mendapatkan inspirasi. Kemudian dia memutuskan untuk mengajak kerja sama dalam membuat soundtrack Kena.

Saat ini Kena: Bridge of Spirit telah tersedia di PlayStation Store dan Epic Games Store dengan status pre-order. Karena game ini siap rilis secara global pada tanggal 24 Agustus 2021.

Untuk harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Kena: Bridge of Spirits dibanderol dengan harga Rp 579.000 untuk PS5 dan Rp 216.000 di Epic Game Store.



Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)