Formasi Pilihan untuk Main FIFA 19 - Halaman 3

Formasi Pilihan untuk Main FIFA 19

Kris Fathoni W - detikInet
Kamis, 27 Sep 2018 18:01 WIB
Formasi Pilihan untuk Main FIFA 19
Cuplikan game FIFA 19 (Foto: YouTube/EA Sports)

5. 4-3-2-1

Formasi Pohon Natal, yang lazim dipakai Carlo Ancelotti, ini cocok diadopsi oleh penyerang yang suka melancarkan serangan dari posisi tengah alias kurang gemar menekan dari sayap.

Di atas kertas, formasi ini menjanjikan terciptanya banyak peluang. Juga butuh dua pemain yang punya kecepatan bagus di posisi RF dan LF, guna mendukung seorang penuntas serangan sebagai ujung tombak.

Selain itu, ketiadaan pemain sayap murni dalam formasi ini juga membuat dua fullback harus punya work rate bagus, agar sesekali bisa ikut maju ke depan atau mengirim umpan silang demi variasi serangan.

6. 4-3-3 Attack

Redbull.com memprediksi bahwa versi menyerang formasi 4-3-3 ini akan lebih efektif digunakan pada FIFA 19, ketimbang variasi satu gelandang bertahan di lini tengah pada FIFA 18 lalu.

Dalam formasi 4-3-3 ofensif, CDM diposisikan lebih maju menjadi gelandang serang. Posisi penting itu ditempati seorang playmaker tajam, mendukung dua penyerang sayap dengan skill bagus dan seorang goal getter.

Dengan gaya ofensif, konsekuensinya adalah dua gelandang tengah dalam formasi ini harus jago dalam merusak permainan lawan dan meredam serangan dari tengah, secara fisik sekalipun.

7. 4-4-2 Holding

Formasi ini dapat disebut sebagai "ramah" newbie karena menjanjikan keseimbangan permainan, apalagi ada dua gelandang tengah yang bakal ikut membantu pertahanan.

Salah satu kunci yang harus jadi fokus dalam formasi ini adalah pemilihan dua pemain yang mengisi formasi kanan dan kiri luar; mereka mesti punya kecepatan dan skill karena menjadi salah satu titik tolak usaha menyerang.

8. 5-4-1 Flat

Formasi ini disebut Redbull.com sebagai salah satu yang baru di FIFA 19 Ultimate Team. Buat yang gemar main serangan balik, inilah formasinya.

Dengan aspek defensif yang alamiah dari formasi ini, perkara menciptakan peluang menyerang (bahkan bikin gol) juga jadi gampang-gampang susah.

Nah, salah satu triknya adalah mengoptimalkan kedua pemain cepat di lebar lapangan untuk bisa mengalirkan bola dengan cepat ke seorang penyerang yang tajam. Sekali lagi, cara ini cocok buat gamer yang suka serangan balik.



(krs/mon) (krs/mon)