Selasa, 08 Nov 2016 08:45 WIB

Review Game

Pippo: Ajak Anak Kita Lebih Seru Belajar Rasi Bintang

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Game jangan melulu dianggap negatif bagi anak. Ada juga yang bersifat positif. Misalnya game ini yang mengajarkan rasi bintang bagi anak Anda.

Tak hanya bersifat hiburan, ada kalanya developer game menciptakan game sebagai edukasi pemainnya. Di tengah gempuran game-game yang bersifat hiburan ini lah, Arsa Kids mencoba untuk menghadirkan game edukasi di tengah-tengah penikmat game Indonesia.

Sejak didirikan pada tahun 2011 silam, developer game berbasis Bandung ini memang menfokuskan dirinya untuk mengembangkan game-game yang ditujukan untuk memberikan edukasi untuk anak-anak usia pre-school. Begitupula dengan karya terbarunya berjudul Pippo: Belajar Rasi Bintang.

Lewat game ini Arsa Kids ingin agar pengguna Android, khususnya para orangtua bisa mengajari dan mengenalkan anaknya macam-macam rasi bintang. Tak hanya itu, lewat game ini diharapkan anak-anak ini mampu melatih daya imajinasi mereka dan menggugah rasa penasaran anak terhadap pengetahuan luar angkasa.

Penasaran seperti apa? Simak review singkat detikINET berikut ini!

Mengenal Rasi Bintang

Apa sih itu rasi bintang? Rasi bintang adalah adalah kumpulan titik-titik bintang yang terlihat dari langit dengan komposisi yang berbeda di setiap pergantian bulan. Pada zaman dahulu kala, kumpulan-kumpulan titik bintang ini menjadi alat navigasi tradisional manusia pertama untuk menentukan direksi, terutama untuk para pelaut, penjelajah dan pedagang.

Pippo: Belajar Rasi Bintang Jadi Lebih SeruFoto: screenshot detikINET

Perubahan komposisi bintang juga sering dijadikan penanda waktu yang penting untuk masa bercocok tanam. Manusia pun mengimajinasikan berbagai kumpulan titik-titik bintang tersebut menjadi suatu imajinasi objek/bentuk agar mudah dikenali, yang kemudian disebut rasi bintang.

Nah, tak jarang objek-objek rasi bintang itu mengambil kisah dongeng mitologi masyarakat pada jaman dahulu, seperti misalnya Centaurs atau Phoenix. Karenanya, sembari belajar rasi bintang Anda juga bisa mengenalkan kepada anak makhluk-makhluk mitologi yang muncul dalam game.

Pippo: Belajar Rasi Bintang Jadi Lebih SeruFoto: screenshot detikINET

Selain makhlum mitologi, rasi bintang ini juga memiliki bentuk menyerupai hewan pada umumnya, seperti rubah, jerapah, dan masih banyak binatang lainnya. Arsa Kids mengemas grafis sangat apik dan user friendly dimainkan oleh anak-anak di bawah umur sekalipun.

Karakter yang lucu dan ikonik pun dihadirkan untuk menemai Anda dan anak bermain. Tak ketinggalan, selain grafis dan karakter binatang yang lucu dan imut, game ini juga dilengkapi dengan back sound khas anak-anak.

Mode Permainan yang Simpel

Karena tujuan awal menciptakan game ini sebagai edukasi untuk anak-anak pre-school, maka Arsa Kids membuat gameplay Pippo: Belajar Rasi Bintang mudah dimainkan. Ada tiga mode permainan yang dihadirkan, yakni Sambung Bintang, Garis Bintang, dan Puzzle Bintang.

Pippo: Belajar Rasi Bintang Jadi Lebih SeruFoto: screenshot detikINET

Mode permainan Sambung Bintang akan menugaskan Anda untuk menarik garis dari satu titik bintang ke titik bintang lain sampai semua titik bintang terhubung untuk membentuk pola rasi bintang yang diminta. Apabila garis yang ditarik tidak sesuai, maka akan muncul tanda merah dan suara reject.

Hampir mirip dengan Sambung Bintang, mode permainan Garis Bintang juga menugaskan Anda untuk membuat rasi bintang menggunakan garis-garis yang sudah tersedia. Karena garis-garis sudah tersedia, selanjutnya Anda tinggal menyambungkan garis itu dengan titik yang benar.

Pippo: Belajar Rasi Bintang Jadi Lebih SeruFoto: screenshot detikINET

Mode permainan terakhir agak berbeda dengan dua mode permainan di atas. Seperti namanya, di Puzzle Bintang Anda harus mencocokan puzzle dengan tempatnya, sampai nantinya ketika puzzle terpasang dengan benar maka akan menampilkan rasi bintang.

Opini detikINET

Pippo: Belajar Rasi Bintang rasanya menjadi salah satu game yang cocok untuk proses belajar anak-anak, khususnya mereka yang akan masuk sekolah. Anak-anak ini akan dibuat penasaran dengan rasi bintang yang dibentuk.

Rasi bintang yang sudah terkumpul, bisa dilihat melalui menu collection. Di menu ini, Anda bisa melihat mana yang belum terkumpul, mana yang sudah.

Pippo: Belajar Rasi Bintang Jadi Lebih SeruFoto: screenshot detikINET

Sama halnya dengan game free-to-play pada umumnya, game ini juga dilengkapi dengan sistem in-app purchase. Item in-app purchase ini berupa paket-paket rasi bintang baru bernama Human Legends dan bebas iklan. Masing-masing item ini dihargai Rp 3.000.

Terbilang murah untuk pembelian item game lokal. Meski begitu, bagi para orangtua sebaiknya mengawasi anak-anaknya ketika bermain. Jangan sampai kartu kredit yang terpasang di ponsel Anda terkuras untuk melakukan pembelian item dalam game. (mag/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed