Final Fantasy Type-0 HD: Jawaban Rasa Penasaran Gamer! - Halaman 4

Review Game

Final Fantasy Type-0 HD: Jawaban Rasa Penasaran Gamer!

- detikInet
Kamis, 02 Apr 2015 07:35 WIB
Halaman ke 4 dari 5

Jujur kami lebih tertarik dengan gameplay yang ditawarkan oleh Final Fantasy Type-0 HD. Di samping mengusung genre RPG yang dinamis, game ini memiliki sistem pertempuran yang familiar dengan seri Crisis Core: Final Fantasy VII, yakni real-time dan action-based battle system.

Dengan sistem pertempuran seperti itu artinya Anda dituntut untuk aktif bergerak dalam menyerang dan menghindari serangan musuh. Bagi yang tak terbiasa dengan sistem pertempuran semacam ini, mungkin butuh beberapa waktu untuk beradaptasi. Hal ini karena bisa jadi gamer akan sedikit pusing dengan pergerakkan kamera yang terasa cukup cepat.

Seperti yang dikatakan di awal, Anda akan berperan sebagai Class Zero. Artinya, Anda akan mengendalikan ke 14 karakter yang disediakan. Adapun 14 karakter tersebut hadir dengan kemampuan serta senjata yang berbeda-beda, mulai dari pedang, busur, pistol, hingga senjata yang unik macam kartu deck dan suling.

Sedikitnya terdapat empat buah tombol skill aktif yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain skill aktif, ada pula skill pasif yang didapat dari mengenakan senjata atau aksesoris tertentu.



Kendati setiap senjata mencerminkan tipe serangan -- jarak jauh atau jarak dekat -- namun, hal itu bisa diakali dengan menambahkan kemampuan magis. Misalnya, karakter Jack yang dikenal sebagai karakter dengan serangan jarak dekat menggunakan Katana, tentu akan merasa kesulitan untuk menyerang musuh dari jauh. Maka dari itu, Anda dapat menambahkan kemampuan magis Fire untuk bisa menyerang musuh dari jarak jauh. Begitu pula dengan karakter lain.

Kendati Square Enix menyediakan 14 karakter dengan kemampuan berbeda, namun sayangnya Anda hanya dibatasi menggunakan tiga karakter ketika bertempur. Di sini Anda dituntut cermat untuk memasang karakter mana saja yang dapat diandalkan ketika bertempur. Bagi Anda yang terbiasa bermain RPG, tentu kombinasi range, melee, dan healer menjadi kombinasi yang tepat untuk dipakai di medan tempur.

Mengasyikkan memang. Tetapi ada satu hal yang perlu Anda waspadai dan cermati. Karena Square Enix menerapkan sistem experience points hanya untuk karakter aktif yang Anda pakai untuk bertempur, maka Anda wajib dengan rutin mengganti karakter setiap kali Anda melakukan grinding.



Hal itu tentu dilakukan agar setiap karakter mendapat level yang sama rata. Dengan demikian, ketika Anda membutuhkan karakter lainnya--entah ketika karakter utama Anda tewas atau tak sesuai dengan musuh--maka karakter tersebut berada dalam kondisi yang siap.

Ya, inilah enaknya Final Fantasy Type-0 HD. Bak peribahasa mati satu tumbuh seribu, ketika tiga karakter utama tewas, toh Anda masih bisa menggunakan 11 karakter cadangan lainnya. Maka dari itu, meratakan level karakter merupakan hal yang hakiki.

Mengapa? Karena sekali karakter Anda tewas sepanjang misi, maka dengan sangat menyesal Anda tidak bisa menghidupkan kembali karakter Anda meski memiliki Phoenix Down. Lho kok?

Entahlah kami pun merasa heran mengapa tidak bisa mencoba untuk menghidupkan kembali karakter yang tewas dengan item yang biasanya berfungsi untuk membangkitkan kembali karakter yang tewas itu.

Kalau pun Anda ingin menghidupkan kembali, ada dua cara yang bisa ditempuh, batalkan misi dan kembali ke kota atau mengulang dari terakhir Anda melakukan penyimpanan (save). Ya, sangat disarankan bagi gamer untuk selalu melakukan 'save' ketika menemukan tempat penyimpanan.

Lalu seperti apa medan tempur dalam game ini? Di Final Fantasy Type-0 HD, medan tempur dibagi menjadi dua, World Map dan area yang mirip dengan Dungeon.

Mode World Map ini sepintas mengingatkan dengan Final Fantasy VIII, dimana karakter berjalan menjelajahi dunia dan dengan sekejap terjadi encounter yang dilakukan secara acak. Anda tak dapat menerka musuh apa yang menghadang ketika terjadi encounter di World Map. Ya, kira-kira seperti itulah kira-kira kondisinya.

Lalu, apakah tidak ada cara cepat untuk melintasi World Map? Tentu ada! Ada dua cara yang ditawarkan untuk dapat melintasi World Map dengan cepat. Menggunakan transportasi pesawat atau dengan mengendarai karakter hewan ikonik serial Final Fantasy, yakni Chocobo. Dengan melintasi World Map mengendarai Chocobo, gamer tidak akan terlibat encounter dengan musuh. Chocobo bisa didapat dengan hunting atau dengan cara beternak.

Sedangkan untuk mode Dungeon, biasanya ini terjadi ketika misi berlangsung. Anda akan menyusuri area yang ditentukan dengan melihat peta dengan musuh yang terlihat di depan mata. Meski dihadang musuh, namun ada kalanya Anda harus kabur dan mengabaikan mereka. Menghadapi musuh dalam kondisi seperti itu sama saja membuang-buang waktu, bahkan nyawa.

Musuh dalam Final Fantasy Type-0 HD terbilang beragam. Ada kalanya Anda akan menghadapi musuh yang kroco, tapi ada kalanya Anda akan berhadapan dengan musuh yang luar biasa susah. Ukurannya pun terkadang melebihi dari karakter Anda itu sendiri. Selain monster, tentu Anda akan lebih sering berhadapan dengan robot.

Selain mengandalkan skill dan senjata, Anda juga dapat mengandalkan kemampuan dari para Eidolon. Untuk dapat men-summon Eidolo --Ifrit, Shiva, dan lainnya -- gamer harus rela mengorbankan karakter yang dipakai. Di sini, Eidolon bergerak secara terpisah, memiliki HP dan juga MP. Sehingga, bukan hal yang tak mungkin bila Eidolon Anda bisa terluka bahkan tewas karena serangan musuh.



(ash/ash)
Halaman Selanjutnya
(ash/ash)