Senin, 10 Des 2018 19:27 WIB

Review Produk

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di Kelasnya

Enche Tjin - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: Dok. Enche Tjin Foto: Dok. Enche Tjin
Jakarta - Fujifilm GFX 50R adalah kamera digital mirrorless bersensor medium format yang memiliki resolusi 50MP. Kamera ini bersensor medium format, dan merupakan kamera medium format Fuji yang kedua setelah GFX 50S yang diluncurkan dua tahun sebelumnya (2016).

Fuji GFX 50R memiliki desain bergaya rangefinder yang bentuknya kotak persegi panjang sedangkan GFX50S desainnya bergaya kamera DSLR. Dibandingkan dengan pendahulunya, kamera baru ini memiliki body yang lebih compact ringan.

Desain dan antarmuka

Desain GFX 50R mirip dengan Fuji X-Pro 2 dan X-E3, dengan ciri memiliki roda kendali (dial) shutter speed, dan kompensasi eksposur di bagian atas kamera. Di bagian belakang kamera, terdapat joystick 8 arah dan beberapa tombol fungsi.

Casing kamera ini berbahan magnesium alloy dan roda dial kamera terbuat dari alumunium. Saat memegangnya, kamera ini terasa jauh lebih ringan dari penampilannya. Ada kesan kurang kokoh, tapi Fuji mengklaim bahwa kamera ini memiliki segel yang kuat sehingga tahan air dan cuaca dingin sampai dengan -10 derajat Celcius. Meskipun ukuran kameranya besar, ukuran tombol-tombol kamera hanya sedikit lebih besar dari tombol-tombol di kamera Fuji seri X, sehingga proporsinya sepertinya terasa agak kecil.

Pegangan (grip) untuk kamera ini agak kecil, tidak seperti pegangan di GFX 50S atau X-H1 yang besar. Tapi saat memotret saya tidak menemukan masalah saat dipasang dengan lensa-lensa yang tidak terlalu besar seperti 45mm f/2.8 dan 63mm f/2.8.

Bagi yang biasa mengunakan sistem kamera full frame, GFX 50R memiliki crop factor 0.79x. Jadi untuk menemukan lensa dengan jarak fokal dan sudut pandang yang sama, kita perlu mengalikan 0.79 ke jarak fokal lensa Fuji G, contohnya, Fuji 63mm f/2.8 yang banyak saya gunakan untuk review ini memiliki sudut pandang yang kurang lebih sama dengan lensa 50mm di full frame. Sedangkan 45mm mirip 35mm. Kedua lensa ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan berat, masih cocok digunakan untuk kamera GFX 50R ini.

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 100, f/2.8, 1/1100, 63mm - Model: Yessy (Foto: Dok: Enche Tjin)

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaCrop detail foto di atas (Foto: Dok: Enche Tjin)

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 100, 1/1000, f/2.8, 45mm (Foto: Dok: Enche Tjin)




(krs/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed