Gokil, Drone Rekam Paus Pembunuh Mangsa Hiu Putih Besar

Gokil, Drone Rekam Paus Pembunuh Mangsa Hiu Putih Besar

ADVERTISEMENT

Gokil, Drone Rekam Paus Pembunuh Mangsa Hiu Putih Besar

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 22:02 WIB
Paus Pembunuh vs Hiu Putih
Foto: Sea Search Research & Conservation
Jakarta -

Para ilmuwan telah mencari tahu selama bertahun-tahun mengapa hiu putih besar menghilang di lepas pantai Afrika Selatan. Sekarang, foto dan video mengkonfirmasi teori bahwa mereka diburu oleh paus pembunuh.

Foto dan video dari drone memberikan bukti langsung bahwa paus pembunuh membunuh hiu putih besar di Afrika Selatan. "Perilaku ini belum pernah disaksikan secara rinci sebelumnya dan tentu saja tidak pernah dari atas," kata ilmuwan kelautan Alison Towner dari Universitas Rhodes di Afrika Selatan.

Paus pembunuh memang dikenal kerap menyerang hiu. Tapi video drone ini menjadi bukti pertama mereka berburu hiu putih besar yang terkenal sebagai predator terganas.

Rekaman luar biasa itu ditangkap di pelabuhan Teluk Mossell pada sore hari tanggal 16 Mei 2022. Video memperlihatkan tiga paus pembunuh berpisah.

Dua di dekat permukaan melihat ke arah yang berlawanan seolah-olah mereka waspada. Kemudian tiba-tiba satu muncul dari bawah dan mendorong hiu putih setinggi tiga meter ke permukaan.

Paus membalikkan hiu di sisinya dan menggigit perutnya, menyebabkan darah tumpah ke laut. Hiu itu kemudian diseret ke kedalaman, tidak pernah terlihat lagi.

Tepat sebelum video drone, seorang pilot helikopter mengatakan dia menyaksikan dua hiu dimangsa oleh paus pembunuh di area yang sama. "Karena tumpang tindih waktu dan wilayah, kami berasumsi kelompok paus pembunuh yang sama direkam oleh helikopter dan drone," kata para peneliti.

Hiu putih besar vs paus pembunuhHiu putih besar vs paus pembunuh Foto: Sea Search Research & Conservation

Pilot helikopter mengatakan dia menyaksikan taktik mengelak dari hiu putih besar. Ketika didekati oleh paus pembunuh, hiu putih besar mengadopsi taktik yang biasa digunakan oleh anjing laut saat menghindari pemangsa.

Alih-alih melarikan diri, hiu itu tetap berada di dekat paus pembunuh dengan harapan bisa menggunakan gerakan gesitnya untuk lewat. Namun, karena paus pembunuh berburu dalam kelompok, strategi ini mungkin tidak berhasil.

Dalam beberapa tahun terakhir, hiu putih besar secara aneh menghilang di lepas pantai Afrika Selatan, dan para ilmuwan menduga penurunan mereka disebabkan oleh paus pembunuh.

Menurut Science Alert, seekor paus pembunuh dengan sirip punggung bernama Starboard sebelumnya telah diduga menyebabkan banyak bangkai hiu hanyut di pantai Afrika Selatan, empat di antaranya telah kehilangan hati.

Paus pembunuh menyantap hati hiu.Paus pembunuh menyantap hati hiu. Foto: Sea Search Research & Conservation

Pilot helikopter mengatakan dia menyaksikan seekor paus pembunuh yang tampak seperti Starboard memakan apa yang tampak seperti sepotong hati hiu putih besar.

Pada hari yang sama, hiu terlihat melarikan diri dari daerah tersebut, dan selama berminggu-minggu setelah pembunuhan hampir tidak ada hiu yang terlihat di teluk. Gambar yang luar biasa telah mengungkap misteri hilangnya hiu di daerah tersebut.



Simak Video "Momen Langka! Paus Pembunuh 'Berbaur' dengan Peselancar di Pantai Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT