Potret Kamera Terbesar di Dunia, Resolusi 3.200 MP!

Potret Kamera Terbesar di Dunia, Resolusi 3.200 MP!

ADVERTISEMENT

Potret Kamera Terbesar di Dunia, Resolusi 3.200 MP!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 20:00 WIB
Kamera terbesar dunia
Kamera terbesar di dunia. Foto: SLAC via Peta Pixel
Jakarta -

Para ilmuwan di SLAC National Accelerator Laboratory sedang disibukkan dengan kamera terbesar yang pernah dibuat untuk astronomi. Kamera Legacy Survey of Space and Time (LSST) akan segera rampung dan memiliki resolusi hingga 3.200 MP.

LSST punya berat yang hampir menyerupai mobil berukuran kecil dengan berat tiga ton. Untuk lebar kamera depan mencapai lima kaki atau sekitar 1,5 meter. Kamera LSST pun sudah diakui sebagai optik terbesar di dunia oleh Guinness Book of World Records.

LSST membawa aperture besar, ada 189 sensor charge-coupled device (CCD) yang disusun untuk menajamkan hasil tangkapan kamera. SLAC menjelaskan bahwa kamera sangat luar biasa, LSST dapat menangkap lebih dari 40 kali luas bulan purnama di langit dengan setiap eksposur.

Saat beroperasi, detektor 3,2 gigapiksel di kamera akan menangkap 15 terabyte data per malam selama survei 10 tahun saat menyelidiki 37 miliar bintang dan galaksi.

Nantinya, kamera terbesar ini akan ditempatkan di atas Vera C. Rubin Observatory's Simonyi Survey Telescope di Chile. Tempat observasi ini sudah satu dekade mengamati langit malam guna mengumpulkan data yang bisa memecahkan misteri alam semesta termasuk dark energy dan dark matter.

Namun untuk sekarang, kamera besar itu masih terletak di sebuah fasilitas di selatan San Francisco, lokasi di mana ia telah dibangun selama tujuh tahun terakhir. Jika semua berjalan sesuai rencana, kamera LSST akan dipindahkan ke tujuan akhirnya pada Mei 2023.

Meski begitu, kamera terbesar ini belum sepenuhnya rampung. Masih ada komponen yang dibutuhkan dan dirakit di dua tempat berbeda, Massachusetts dan Provence, Prancis. Jika sudah dirakit, kamera ini baru siap untuk menjalani uji coba pertamanya. Demikian dikutip dari Peta Pixel.



Simak Video "Pendukung Mas Bechi Ricuh di Pengadilan, Serang Kamera Wartawan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT