Ini Bedanya Kamera Pengawas CCTV dan IP Camera

Ini Bedanya Kamera Pengawas CCTV dan IP Camera

ADVERTISEMENT

Ini Bedanya Kamera Pengawas CCTV dan IP Camera

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 27 Agu 2022 19:45 WIB
EufyCam 2C
Ilustrasi IP camera. Foto: Anker
Jakarta -

Kamera pengawas lebih dikenal dengan nama CCTV, namun sebenarnya ada dua jenis kamera pengawas yang ada di pasaran, yaitu CCTV dan IP camera. Apa bedanya?

CCTV
Closed circuit television, atau disingkat CCTV, merekam video dalam bentuk sinyal analog, begitu juga pengiriman sinyal video dari perangkat kamera ke perekam dilakukan dalam bentuk sinyal analog, dan harus dilakukan menggunakan kabel.

Barulah di alat perekam, atau digital video recorder (DVR), sinyal analog tersebut diubah dan disimpan dalam bentuk digital ke dalam hardisk. Pengiriman sinyal dari kamera ke perangkat DVR ini menggunakan kabel coaxial (seperti kabel antena TV).

Jadi, perangkat CCTV tidak bisa beroperasi sendiri, melainkan harus dilengkapi dengan DVR. Nah, DVR ini juga bisa dihubungkan ke router atau modem untuk bisa diakses lewat internet.

Oh ya, kebanyakan kualitas gambar yang dihasilkan CCTV pun beresolusi rendah, hanya 720 x 575 pixel. Juga tak mempunyai fitur zoom digital, dan lazimnya tak menggunakan lensa dengan cakupan lebar. Sehingga area pandang dari rekaman kamera ini akan terbatas.

IP Camera
Sesuai namanya, IP (internet protocol) camera menggunakan protokol internet, atau digital. Perekamannya dilakukan secara digital, sehingga tak membutuhkan perangkat DVR untuk mengubah format dan menyimpan hasil perekamannya.

Namun untuk IP camera, ada perangkat bernama network video recorder (NVR) untuk menyimpan hasil rekaman video. Namun perangkat ini tak wajib, karena biasanya IP camera sudah dilengkapi slot micro SD untuk merekam secara internal.

Lalu hasil perekamannya ini bisa diakses lewat perangkat lain seperti ponsel atau tablet, lewat aplikasi yang biasanya disediakan oleh pabrikan pembuat kamera. IP camera juga hanya perlu terhubung dengan kabel daya untuk operasionalnya, karena untuk keperluan data biasanya mendukung koneksi WiFi.

Dengan kata lain, untuk memasang IP camera hanya dibutuhkan jaringan WiFi dan kabel daya (biasanya USB). Secara resolusi, IP camera pun punya resolusi yang tinggi, minimal 1080p, bahkan 4K pun ada. Namun jika ingin direkam dalam resolusi kecil pun bisa, misalnya untuk menghemat penyimpanan.

IP camera juga biasanya menggunakan lensa lebar yang ruang pandangnya luas. Sehingga pemasangannya relatif lebih mudah karena bisa mencakup area yang luas.



Simak Video "Pria Siksa Balita Grace Hingga Tewas Terekam CCTV, Korban Terkulai"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT