Nikon Z fc Diboyong ke Indonesia, Harganya Rp 13 Jutaan

Nikon Z fc Diboyong ke Indonesia, Harganya Rp 13 Jutaan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 17:44 WIB
Nikon Z fc
Nikon Z fc Diboyong ke Indonesia, Harganya Rp 13 Jutaan (Foto: Dok. Nikon)
Jakarta -

Nikon Z fc, mirrorless terbaru Nikon yang bergaya retro, resmi diboyong ke Indonesia. Kamera dengan desain mirip kamera analog Nikon FM2 ini dijual dengan harga mulai Rp 13 jutaan.

Kamera bergaya retro ini dibawa oleh Alta Nikindo, distributor resmi Nikon di Indonesia. Kamera ini adalah kamera mirrorless berbodi compact yang menggunakan sensor DX, lebih kecil dibanding sensor full frame.

Namun bagi Nikon, Z fc juga menjadi cara mereka untuk menghormati kamera SLR jadul mereka yang ikonik, yaitu FM2, yang tenar pada zamannya yaitu pada tahun 80an.

"Kami ingin memberi penghormatan kepada sejarah kamera ikonik kami yang berharga dan untuk memperluas line-up kami dengan inovasi digital terbaru saat ini," ujar Horie Masahiro, Managing Director Nikon Singapore, Kamis (9/8/2021).

Bodinya menggunakan bahan kulit bertekstur hitamnya yang mewah dan badan kamera silver-matte. Tak lupa juga dihadirkan dial kontrol klasik dan tombol rana (shutter) dan eyepiece melingkar.

Nikon Z fcNikon Z fc Foto: Dok. Nikon

Bodinya terbilang mungil dengan bobol 390 gram, begitu juga lensa kitnya, Nikkor Z DX 16-50mm f / 3.5-6.3 VR yang juga kecil. Sensor 20,9MP-nya punya sensitivitas ISO hingga 51200.

"Dengan aksesori sederhana dan intuitif, kamera Nikon Z fc adalah langkah maju untuk mendukung pecinta fotografi dengan keajaiban, dimana mereka akan sejenak mengabadikan segala momen sederhana di kehidupan mereka," tambahnya.

Meski tampilan luarnya mirip kamera jadul, Z FC adalah kamera kekinian yang punya spek mirip Z50. Seperti layar sentuh yang bisa 'dibuka', EVF OLED, charging lewat port USB-C, konektivitas wireless SnapBridge, dan tentunya bisa dijadikan webcam seperti banyak kamera mirrorless Nikon sebelumnya.

Masahiro juga menyebut Nikon menargetkan fotografer pemula ataupun pengguna media sosial sebagai pengguna Nikon Z fc.

"Untuk para pengguna yang ingin menampilkan gaya kepribadian mereka, yang membuat hidup mereka lebih berwarna-warni dengan desain kamera kontemporer yang cocok dengan kepribadian dan gaya hidup mereka," ujar Masahiro.

Saat ini Nikon Z fc tersedia dalam satu pilihan warna, yaitu hitam silver, dan dijual dengan harga Rp 13 jutaan untuk varian bodi only. Namun ke depannya juga akan dihadirkan enam pilihan warna lain, yaitu pada akhir 2021.



Simak Video "Nikon Indonesia Tutup Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)