Nikon Bikin Mirrorless Retro Mirip FM2, Ini Harganya

Nikon Bikin Mirrorless Retro Mirip FM2, Ini Harganya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 29 Jun 2021 19:05 WIB
Nikon Z FC
Foto: Dok. Nikon
Jakarta -

Nikon merilis mirrorless baru seri Z yang bergaya retro, alias mirip kamera jadul. Namanya adalah Nikon Z FC yang punya tampilan mirip Nikon FM2, SLR Nikon keluaran tahun 80an yang legendaris.

Tampilan Z FC ini benar-benar terlihat retro, lengkap dengan tombol putar untuk shutter speed, exposure compensation dan ISO, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (29/6/2021).

Langkah serupa sebelumnya pernah diterapkan Nikon di Nikon DF, kamera DSLR full frame yang mereka rilis pada 2013. Namun dibandingkan Z FC, bodi DF jauh lebih besar dibanding FM2.

Sementara itu Z FC yang menggunakan sensor APS-C 20,9 MP punya bodi yang lebih kecil karena tak membutuhkan cermin dan prisma layaknya kamera SLR dan DSLR. Alhasil bodinya lebih mungil dan lebih mirip dengan FM2.

Meski tampilan luarnya mirip kamera jadul, Z FC adalah kamera kekinian yang punya spek mirip Z50. Seperti layar sentuh yang bisa 'dibuka', EVF OLED, charging lewat port USB-C, konektivitas wireless SnapBridge, dan tentunya bisa dijadikan webcam seperti banyak kamera mirrorless Nikon sebelumnya.

Bermacam tombol putar untuk pengaturan shutter speed dan lainnya di bodi Z FC tak membuat mirrorless ini kehilangan pengaturan otomatis lewat mode PASM, yang bisa diatur lewat tombol pengatur shutter speed. Oh ya, di bagian atas bodi juga ada layar kecil untuk melihat pengaturan diafragma.

Nikon Z FCNikon Z FC Foto: Dok. Nikon

Rentang ISO-nya adalah 100-51.200 dan sistem autofokusnya menggunakan sistem hybrid dengan 209 titik di 87%. Meski bukan difokuskan untuk video, Z FC bisa merekam video sampai dengan resolusi 4K dengan frame rate 30fps.

Lensa yang bisa dipakai di Z FC tentunya adalah lensa dengan mounting Z, termasuk lensa full frame untuk Z6 dan Z7. Namun Nikon juga merilis lensa prime baru bersama dengan Z FC, yaitu 28mm f/2,8, yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan lensa Nikkor D jadul.

Z FC dijual dengan harga USD 959 untuk varian body only, USD 1.100 untuk bundling dengan lensa 16-50mm, dan USD 1.200 untuk bundling dengan lensa 28mm.



Simak Video "Nikon Indonesia Tutup Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)