Canon Mau Bikin EOS R dengan Sensor Lebih Kecil?

Canon Mau Bikin EOS R dengan Sensor Lebih Kecil?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 22 Jul 2021 20:12 WIB
Canon Rilis Kamera dan Lensa Terbaru

Canon kembali melakukan gebrakan dengan menghadirkan kamera dan lensa terbaru, Jakarta, Selasa (18/9/2018). Canon meluncurkan EOS R yang merupakan kamera mirrorless full frame dan juga Lensa RF. Grandyos Zafna/detikcom 

-. Kamera EOS R ini dilengkapi dengan sensor CMOS 30,3 megapixel dan prosesor gambar Digic 8.

-. Pada lensa RF Canon merilis lensa 50mm f 1.2 , 24-105 f 4, 28-70 f 2L USM dan 35 mm f 1.8 is.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Rumor kehadiran kamera mirrorless Canon di lini EOS R dengan sensor lebih kecil sudah beredar sejak akhir 2020 lalu.

Canon kabarnya tengah gencar melakukan riset pasar untuk memastikan adanya permintaan kamera semacam ini di pasar. Yaitu mirrorless dengan sensor APS-C, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Kamis (22/7/2021).

Karena itulah Canon disebut tengah mengembangkan mirrorless dari seri EOS R dengan sensor APS-C, seperti EOS R7, R8, dan R9. Tampaknya kamera-kamera ini tak hanya menggantikan seri DSLR seperti EOS 7D, melainkan juga mirrorless dari seri M, yang juga menggunakan sensor APS-C.

Namun menariknya, sejauh ini belum ada rumor yang menyebut Canon bakal membuat lensa dengan mounting RF-S, yaitu lensa yang hanya bisa dipakai di sensor APS-C.

Ini artinya, jika Canon benar merilis mirrorless EOS R dengan sensor APS-C, penggunanya harus menggunakan lensa RF ataupun EF yang dibuat untuk sensor full frame.

Perusahaan pembuat kamera seperti Nikon saat ini pun sudah merambah mirrorless dengan sensor APS-C di lini kamera Z. Seperti Z50 dan Z fc yang baru dirilis.

Lalu ada juga pesaing lain seperti Sony dan Fujifilm yang sudah mapan di ranah mirrorless dengan sensor APS-C. Meski keduanya juga punya lini kamera mirrorless dengan sensor lebih besar, seperti full frame di Sony dan medium format di Fujifilm.

Mirrorless yang tampaknya akan dirilis Canon selanjutnya adalah EOS R3, yang kabarnya bakal dirilis pada September mendatang. EOS R3 merupakan mirrorless yang posisinya di antara R5 dan DSLR seri 1DX.

Canon sendiri menyebut R3 sebagai kamera mirrorless dengan kategori baru. Dari segi bentuk, EOS R3 mirip dengan dengan 1DX karena mempunyai grip vertikal terintegrasi. Namun ini merupakan kamera mirrorless layaknya EOS R5.

EOS R3 bakal menjadi kamera pertama dengan sensor CMOS full frame dengan backside illuminated yang dikembangkan oleh Canon. Sensor baru ini dijanjikan punya kecepatan transfer data sangat cepat saat digunakan.



Simak Video "Merasa Buat Gaduh, Pemilik Anjing Canon yang Mati di Aceh Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)