Deretan Fitur Canggih di Kamera Cinema Line Sony FX3

Deretan Fitur Canggih di Kamera Cinema Line Sony FX3

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 05:42 WIB
Sony FX3
Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Sony Indonesia merilis kamera baru di jajaran Cinema Line, yaitu FX3 yang punya deretan fitur dan teknologi canggih untuk para videografer.

Menurut Sony, FX3 bisa memberikan pengalaman sinematik dan cocok digunakan oleh para videografer muda yang menekuni genre dokumenter, musik, dan komersial.

"Kami berupaya untuk terus mendukung industri perfilman dunia dengan menghadirkan perangkat dengan teknologi terdepan melalui spesifikasi tingkat tinggi yang kami hadirkan dalam kamera full-frame FX3. Kami tidak sabar melihat para kreator bereksplorasi mewujudkan imajinasi visual mereka dan menghasilkan karya yang luar biasa," kata Kazuteru Makiyama, Presdir Sony Indonesia dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (4/5/2021).

FX3 bakal tersedia pada Juni mendatang dengan harga Rp 60 juta, dan bisa dipesan mulai 30 April sampai 30 Mei. Apa saja sih teknologi dan fitur canggih di Sony FX3?

  • Sensor CMOS Exmor R back-illuminated full-frame dengan 10,2 MP dan mesin pengolahan gambar BIONZ XR.
  • Sensitivitas sangat tinggi dengan ISO yang dapat ditingkatkan hingga 409.600 untuk kondisi pencahayaan yang sangat sulit dan 15+ stop dynamic range.
  • Profil tampilan S-Cinetoneā„¢ terinspirasi dari colour science kamera sinema digital VENICE yang juga digunakan pada kamera Cinema Line FX9 dan FX6, serta merekam hingga 4K 120p.
  • Desain bodi yang ringkas dan ringan dengan pengoperasian tinggi untuk pengambilan gambar dengan handheld, gimbal dan pemasangan pada drone.
  • Bodi yang dilengkapi multi-thread (1/4-20 UNC) memudahkan untuk pemasangan aksesori.
  • Unit pegangan XLR yang dapat dilepas dan dilengkapi dengan dua input audio XLR/TRS.
  • "Mode Aktif" stabilisasi gambar mendukung perekaman film secara handheld.
  • Fast Hybrid Auto Focus, Touch Tracking (pelacakan real-time) dan Real-time Eye AF juga digunakan di kamera Alpha lainnya.
  • Perekaman 4K 60p tanpa gangguan (Lanjutan) karena didukung pembuangan panas yang efektif dan kipas pendingin internal.
Sony FX3Sony FX3 Foto: Dok. Sony

Sony FX3 bisa merekam dalam bermacam format, baik internal maupun eksternal. Secara internal, perekaman bisa dilakukan dalam format XAVC S dan XAVC S-I dalam 4K (QFHD) serta FHD dan format XAVC HS (MPEG-H HEVC/H.265, hanya 4K).

Sementara output video 4K 60p dalam format 10-bit 4:2:2 atau 16-bit RAW dapat dikeluarkan ke perangkat eksternal melalui port HDMI Type-A pada FX3.

Perekaman secara internal dilakukan ke dua slot kartu CFexpress Type A, baik dalam mode kartu cadangan atau mode relay, di mana perekaman akan dialihkan otomatis ke kartu kedua saat kartu pertama sudah penuh.

Lalu koneksi yang ditawarkan pun terbilang lengkap. Ada WiFi dual band dan koneksi ke LAN lewat adaptor USB to Ethernet. FX3 juga mendukung pengambilan gambar jarak jauh dari PC dengan aplikasi Imaging Edge Desktop Remote lewat WiFi ataupun USB-C Superspeed 5Gbps.



Simak Video "Positif Corona, Sony 'J-rocks' Ingatkan Semua Patuh 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)