Canon Pamer Pengembangan EOS R3, Kategori Baru Kamera Mirrorless

Canon Pamer Pengembangan EOS R3, Kategori Baru Kamera Mirrorless

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 15 Apr 2021 05:45 WIB
Canon EOS R3
Canon EOS R3. Foto: Dok. Canon
Jakarta -

Canon tengah mengembangkan sebuah kamera mirrorless baru bernama EOS R3, yang disebut sebagai kamera mirrorless di kategori baru.

Disebut kategori atau kelas baru karena EOS R3 diposisikan berada di antara EOS R5 dan EOS 1DX, yang merupakan merupakan kamera kelas profesional Canon namun dari kategori berbeda berbeda, yaitu mirrorless dan DSLR.

Dari segi bentuk, EOS R3 mirip dengan dengan 1DX karena mempunyai grip vertikal terintegrasi. Namun ini merupakan kamera mirrorless layaknya EOS R5, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Kamis (15/4/2021).

EOS R3 bakal menjadi kamera pertama dengan sensor CMOS full frame dengan backside illuminated yang dikembangkan oleh Canon. Sensor baru ini dijanjikan punya kecepatan transfer data sangat cepat saat digunakan.

Semakin cepat waktu membaca itu juga membuat distorsi rolling shutter akan semakin minim saat kamera dipakai menggunakan electronic shutter-nya. Kecepatan burst-nya lewat shutter elektronik itu menurut Canon bisa mencapai 30fps dalam kondisi autofokus Dual Pixel CMOS dan auto exposure-nya aktif.

Kamera ini juga disebut bakal menjadi pasangan yang tepat untuk dua lensa RF anyar yang baru dirilis Canon, yaitu RF 400mm f/2.8L IS USM dan RF 600mm f/4L IS USM.

Canon EOS R3Canon RF 400mm f/2.8L IS USM dan RF 600mm f/4L IS USM Foto: Dok. Canon

Kehadiran dua lensa dengan mounting RF untuk mirrorless ini pun terbilang unik, karena masuk dalam golongan lensa super telephoto, yang biasanya lebih banyak dipasangkan ke kamera DSLR, seperti untuk keperluan memotret olahraga.

"Pengembangan Canon EOS R3 dan peluncuran dua lensa RF baru adalah pembuktian atas komitmen perusahaan pada para fotografer dan videografer profesional, juga kreator konten," ujar Tatsuro Kano, Executive Vice President dan GM Imaging Technologies and Communications Group Canon Amerika Serikat.

"Saat kamera ini tersedia, kamera ini akan sangat cocok dipasangkan dengan masing-masing lensa RF yang dirilis hari ini. Kami tak sabar melihat foto yang dipotret menggunakan lensa RF baru dan EOS R3 yang akan datang," tambahnya.



Simak Video "Keren! Aksi Water Canon Jadi Penyemprot Disinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)