Canon Bakal Ganti Tombol Shutter Fisik Jadi Touchpad?

Canon Bakal Ganti Tombol Shutter Fisik Jadi Touchpad?

Josina - detikInet
Rabu, 23 Des 2020 18:11 WIB
fotografer kamera
Foto: Unspslah
Jakarta -

Tombol shutter dianggap menjadi fitur kuno pada kamera-kamera tradisional saat ini, di mana teknologi pada industri kamera tombol tersebut tidak banyak diberikan inovasi baru selama bertahun-tahun.

Nah, kabarnya Canon sedang mengerjakan untuk penataan ulang tombol fisik tersebut dan menghilangkan kemudian digantinya dengan shutter touchpad alias layar sentuh.

Dalam pengajuan paten baru-baru ini di Jepang, Canon mengungkapkan bahwa mereka sedang mencari cara untuk mengganti tombol shutter tradisional dengan touchpad yang akan memungkinkan area kamera tersebut digunakan untuk lebih dari sekadar mengatur fokus / eksposur dan membidik foto.

Paten Canon Tombol Shutter Fisik Diganti TouchpadPaten Canon Tombol Shutter Fisik Diganti Touchpad Foto: Canon

Cara kerja touchpad seperti ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal tergantung pada apa yang sedang dilakukan dengan kamera. Misalnya pengaturan yang sedang digunakan atau yang sedang dibuka.

Sama seperti layar LCD belakang kamera yang lebih dari sekedar menampilkan foto dan menu untuk memungkinkan pengguna mengubah pengaturan dan memilih titik fokus hanya dengan menyentuh.

Shutter touchpad juga dapat memberikan cara baru yang mudah bagi pengguna untuk mengubah pengaturan dengan cepat atau memilih titik fotkus.

Touchpad ini akan memiliki sensor bawaan yang dapat mendeteksi apakah pengguna melakukan tindakan 'tekan' atau 'geser'.

Namun pengguna yang sudah terbiasa dengan tombol fisik shutter pastinya akan membutuhkan waktu lama agar dapat terbiasa dengan tombol shutter touchpad.

Salah satu manfaat menggantinya dengan tombol shutter touchpad ini adalah meningkatkan kedap air karena tombol shutter fisik adalah area kamera di mana air dapat masuk dan merusak perangkat kamera.

Meski demikian ini masih rancangan paten yang diajukan Canon, jadi tidak ada jaminan jika desain dan fitur ini akan benar-benar dirilis. Namun hal menarik bahwa Canon tengah memikirkan desain baru untuk kameranya.



Simak Video "Merasa Buat Gaduh, Pemilik Anjing Canon yang Mati di Aceh Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)