Fotografer Pesawat Tempur, Pekerjaan Super Langka

Fotografer Pesawat Tempur

Fotografer Pesawat Tempur, Pekerjaan Super Langka

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 30 Sep 2020 18:10 WIB
Fotografer Sandriani Permani
Sandriani Permani tak sengaja jadi fotografer pesawat tempur (@sasandrie/Instagram/Istimewa)
Jakarta -

Sandriani Permani kini dikenal sebagai fotografer wanita khusus untuk pesawat TNI. Profesi Sasan, sapaan akrabnya, terbilang pekerjaan yang langka. Siapa sangka, itu terjadi secara tidak sengaja.

Sasan mengaku awalnya tidak sengaja kecemplung menjadi fotografer di lingkungan militer. Dia mulai berkecimpung di dunia fotografi profesional setelah menimba ilmu dari Darwis Triadi School of Photography.

Pada 2011, dia ditawari komandan Skadron 3 TNI AU untuk memotret anggota Skadron tersebut di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur. Komandan Skadron 3 adalah seniornya di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

[Gambas:Instagram]



"Tadinya diminta motret komandan sama anggotanya di hanggar, pesawatnya F16. Berawal dari situ, terus selanjutnya direkomendasikan dari mulut ke mulut," kata Sasan dalam wawancara dengan detikINET.

Dari situlah jejaring Sasan dengan TNI AU semakin luas. Sasan pun jadi sering mendokumentasikan kegiatan TNI AU.

"Misal kalau komandannya pindah tugas ke mana, panggil buat fotonya ke saya. Dari situlah dapat foto pesawat, dari Skadron ke Skadron jadi sampai sekarang, motret kegiatan TNI juga," terang Sasan.

Fotografer Sandriani PermaniFotografer Sandriani Permani (Instagram @sasandri)

Menjadi fotografer profesional khusus TNI, Sasan mengaku bangga. Apalagi dia bukan tentara wanita, namun punya akses istimewa bisa memotret pesawat tempur sepuasnya.

"Jelas bangga, pastinya senang lah. Hasil fotonya jadi beda dari yang lain. Kalaupun ada yang motret sama objeknya, tapi beda angle-nya yang saya dapat, sama momennya juga beda," sebut lulusan SMAN 7 Bandung ini.

Sasan ramai diperbincangkan setelah sebelumnya memposting aksinya saat memotret pesawat TNI dari ramp door di ekor pesawat. Netizen pun dibuat kagum, karena menjadi fotografer spesialis pesawat tempur memang bukan profesi sembarangan.



Simak Video "Fotografer Cilik, Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)