Foto Pertama di Dunia yang Menampakkan Manusia

Foto Pertama di Dunia yang Menampakkan Manusia

Tim - detikInet
Jumat, 21 Agu 2020 07:26 WIB
Boulevard du Temple
Boulevard du Temple. Foto: istimewa
Jakarta -

Sejarah fotografi dunia ternyata sudah berlangsung cukup lama, mulai era tahun 1800-an. Nah, foto apa yang secara luas dianggap sebagai yang pertama dijepret di dunia?

Foto pertama yang menampakkan obyek manusia diyakini adalah Boulevard du Temple. Foto yang diambil oleh orang Perancis bernama Louis Daguerre ini dijepret pada tahun 1838.

Foto tersebut diambil menggunakan teknik fotografi awal yang dijuluki sebagai daguerreotype, sesuai dengan nama sosok Louis Daguerre yang menjadi penemunya. Si foto menampakkan sebuah jalanan di Paris.

Sejatinya, jalanan tersebut lumayan ramai pada saat foto diambil. Akan tetapi karena waktu exposure yang tidak sebentar, maka kurang begitu terlihat.

Yang terlihat cukup jelas adalah dua manusia di sudut jalanan. Tampaknya, mereka sedang melakukan semir sepatu dan berada di sana dalam waktu cukup lama, sehingga bisa terekam kamera.

Para ahli pun meyakini, inilah foto pertama di dunia yang menampakkan ada manusia di dalamnya, demikian seperti dikutip detikINET dari Business Insider.



Simak Video "Belajar Fotografi, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)