Olympus Menyerah dari Bisnis Kamera

Olympus Menyerah dari Bisnis Kamera

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 25 Jun 2020 11:15 WIB
Olympus OM-D E-M5 Mark III
Kamera Olympus. Foto: Dok. Olympus
Jakarta -

Olympus menjual divisi kameranya ke sebuah perusahaan investasi bernama Japan Industrial Partners (JIP), yang artinya Olympus sudah keluar dari bisnis kamera.

JIP, perusahaan yang mengakuisisi divisi Vaio dari Sony, menandatangani nota kesepahaman yang menyebut Olympus akan memisahkan divisi kamera dan memindahkan semua sahamnya.

Divisi kamera, atau tepatnya divisi imaging, adalah sebagian kecil dari bisnis Olympus. Kini pun divisi tersebut lebih banyak berfokus pada pembuatan peralatan medis, seperti endoskop.

CEO Olympus Yasuo Takeuchi pada 2019 lalu sempat menyebutkan bahwa divisi kamera itu tak akan dijual oleh perusahaan asal Jepang tersebut. Namun kemudian Olympus menarik pernyataan tersebut.

Olympus mengaku sudah mencoba berbagai cara untuk menghadapi penurunan pasar kamera, yang terus menyusut karena evolusi kamera di ponsel yang semakin bagus. Namun akhirnya mereka memutuskan bahwa cara-cara yang mereka pakai itu tak bisa menghadapi penurunan tersebut.

Sementara JIP dalam pernyataannya mengaku akan melanjutkan pengembangan produk kamera dari divisi yang mereka akuisisi tersebut menggunakan brand yang sudah dimiliki Olypmus, seperti OM-D dan Zuiko, sama seperti yang mereka lakukan pada Vaio.

Divisi kamera Olympus selama satu dekade ke belakang berfokus pada kamera mirrorless dengan format Micro Four Thirds. Mereka mencatatkan kerugian selama tiga tahun berturut-turut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (25/6/2020).

Olympus dan Jip berencana menandatangani perjanjian yang lebih definitif pada akhir September, dan akuisisinya diperkirakan selesai pada akhir 2020 ini.



Simak Video "Kehebatan Mirrorless Olympus yang Dibanderol Rp 49 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)