Sony Rilis ZV-1, Kamera Khusus Vlogger Seharga Rp 11,7 Juta

Sony Rilis ZV-1, Kamera Khusus Vlogger Seharga Rp 11,7 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 27 Mei 2020 14:50 WIB
Sony ZV-1, kamera berbasis RX100 VII yang dibuat khusus untuk para vlogger.
Sony Rilis ZV-1, Kamera Khusus Vlogger Seharga Rp 11,7 Juta (Foto: Dok. Sony)
Jakarta -

Sony meresmikan kamera compact barunya, yaitu ZV-1 yang didesain untuk merekam video, tepatnya vlogging, dengan harga USD 799,99, atau sekitar Rp 11,7 juta.

ZV-1 dibuat menggunakan RX100 sebagai basisnya, yaitu kamera compact jagoan Sony yang terbilang populer digunakan untuk vlogging. Namun Sony menambahkan sejumlah optimasi dan fitur baru untuk merekam video.

salah satu fitur tersebut adalah 'Background Defocus', di mana penggunanya hanya perlu menekan satu tombol untuk memaksimalkan bokeh di background video, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (27/5/2020).

Sony ZV-1, kamera berbasis RX100 VII yang dibuat khusus untuk para vlogger.Sony ZV-1, kamera berbasis RX100 VII yang dibuat khusus untuk para vlogger. Foto: Dok. Sony

Fitur semacam ini sebenarnya bisa didapat dengan memaksimalkan angka diafragma pada lensa, dan juga mengatur lensa pada tingkat zoom maksimal, namun Sony mempermudahnya dengan hanya satu tombol.

Lalu ada juga pengaturan lain bernama 'Product Showcase', yang fungsinya adalah memprioritaskan kamera untuk mengatur fokus ke wajah atau produk dibanding objek lainnya. Sama seperti 'Background Defocus', fitur ini juga sebenarnya bisa didapat dengan melakukan sejumlah pengaturan, namun di ZV-1 bisa dilakukan dengan hanya satu tombol.

Pengguna RX100 juga disebut bakal sangat mudah beradaptasi dengan ZV-1. Pasalnya kamera ini menggunakan rangka yang sama dan punya kemampuan yang serupa dengan RX100 VII, termasuk merekam video 4K, eye-autofocus, dan lainnya.

New Normal