Senin, 23 Mar 2020 08:02 WIB

Foto Pakai Ponsel Sering Ngeblur? Coba Ikuti Saran Fotografer Ini

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamera ponsel Foto: Shutterstock
Jakarta -

Foto blur akibat shaking kerap terjadi ketika memotret dengan kamera ponsel. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada teknik sederhana untuk menjaga fokus kamera ponsel saat mengambil foto.

Fotografer Nareend Khameswara menjelaskan, shaking terjadi karena tubuh bergerak ketika memotret. Ia pun punya solusi yang cukup ampuh untuk meminimalisir shaking tersebut.

"Supaya kamera nggak bergerak, taruh tumpuan siku mengapit perut. Selain itu selalu tahan nafas (ketika memotret). Karena, saat bernafas tubuh kita bergerak jadi gambar shaking," jelas Nareend kepada detikINET beberapa waktu lalu.

Selain itu, gambar blur juga bisa terjadi karena shutter speed yang terlalu rendah. Semakin rendah shutter speed, maka kamera semakin sensitif terhadap gerakan sehingga membuat fokus berantakan.

Nareend menyarankan, untuk menghasilkan gambar yang memuaskan dengan ponsel, gunakan mode profesional atau pro. Dengan mode tersebut, shutter speed, aperture, dan ISO bisa diatur sesuai kebutuhan pengambilan gambar. Dia menambahkan, perlu latihan untuk memahami pengaturan manual kamera ponsel.

"Karena dengan menggunakan pro mode ini kita bisa mengatur (shutter) speed dan ISO. (Untuk memahami kamera) kalau menurut saya sih banyak latihan karena memang pengaturan (kamera ponsel) kita ini biasanya selalu automatic, ketika pro mode kita harus mengatur sendiri," jelas pria yang dikenal sebagai fotografer konser tersebut.

Dalam menggunakan mode manual, hal paling dasar yang mesti dipahami adalah segitiga fotografi, yakni perbandingan ISO, shutter speed, dan bukaan aperture. Secara sederhana, ISO tinggi dengan shutter speed rendah dan angka aperture kecil membuat cahaya yang masuk ke kamera semakin besar, sebaliknya ISO rendah dengan shutter speed tinggi dan angka aperture besar membuat cahaya lebih sedikit yang masuk. Jika sudah paham tiga hal dasar tersebut, lebih mudah untuk menaik-turunkan pengaturan.

Foto Pakai Ponsel Sering Ngeblur? Coba Ikuti Saran Fotografer IniFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Mode pro pada ponsel bisa ditemukan pada OPPO Reno3. OPPO juga membekali kameranya dengan sejumlah fitur menarik. Ada Ultra Dark Mode yang menjanjikan foto terang di kondisi kurang cahaya. Lalu ada fitur 5x Hybrid Zoom dan 20x Digital Zoom. Membuat objek yang cukup jauh dapat terpotret dengan kualitas yang baik.

Namun yang menarik ponsel ini punya fitur 108MP Ultra Clear Image yang memungkinkan Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan. Hasilnya gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas.

OPPO membuka pre-order tahap kedua hingga 26 Maret 2020. Sebelumnya pre-order tahap pertama pada 17-26 Maret Reno3 ludes dipesan. Pre-order tahap pertama konsumen mendapatkan bonus bluetooth speaker OASE S3 senilai Rp 1 juta. Sementara di pre-order kedua ini konsumen akan mendapatkan speaker bluetooth JBL GO (jumlah terbatas).

(prf/ega)