Selasa, 16 Jul 2019 15:00 WIB

Kuis FotoStop

Foto Portrait!

Tim - detikInet
Ilustrasi model portrait. (Foto: Dok. Enche Tjin) Ilustrasi model portrait. (Foto: Dok. Enche Tjin)
Jakarta - Foto portrait, ya inilah tema kontes FotoStop detikINET untuk bulan Juli 2019. Punya koleksi foto portrait keren? Yuk, ikutan dan raih hadiahnya.

Perlu diketahui, fotografi portrait itu tidak sama dengan fotografi model. Menurut fotografer Enche Tjin, pada fotografi model subjek fotonya (model) bekerjasama dengan fotografer untuk mewujudkan suatu gambar sesuai dengan kehendak fotografernya.

Fotografer memutuskan bagaimana posenya, ekspresinya, arah pandangan, dan sebagainya. Model yang bagus adalah mereka tahu bagaimana cara berpose untuk mempermudah fotografer mendapatkan foto yang bagus.

Sedangkan di dalam fotografi portrait, fotografer mencoba membuat foto yang dapat menggambarkan sifat subjek foto. PR fotografer yaitu mengenal orang tersebut, mencari latar belakang, dan props yang sesuai untuk memperkuat fotonya.

Fotografer juga berinteraksi dengan subjek supaya ekspresi dan bahasa tubuh dari subjek foto bisa keluar dengan alami. Portrait yang juga merekam lingkungan hidup subjek dinamakan environmental portrait. Sedangkan portrait yang hanya wajah saja, sering disebut close-up atau headshot.

Satu hal yang sangat penting dalam fotografi portrait adalah ketrampilan berinteraksi antar manusia (interpersonal skill). Fotografer harus belajar bagaimana cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan subjek.

Jadi, fotografi portrait memang tidak mudah karena membutuhkan ketrampilan yang tidak hanya soal teknis menggunakan peralatan fotografi dan pencahayaan. Sebab fotografi portrait bertujuan untuk merekam kepribadian seseorang. Fotografer portrait yang baik akan menggunakan ketrampilannya untuk membuat foto yang menceritakan orang tersebut.

Nah, sudah tahu dasar-dasar fotografi portrait kan? Kini tinggal siapkan kamera Anda dan langsung berburu subyek foto untuk kemudian didaftarkan ke kontes FotoStop detikINET di link berikut. Pemenang beruntung akan mendapatkan uang tunai Rp 500 ribu.

Kontes FotoStop detikINET terbuka bagi siapa saja dengan kamera apapun. Namun foto yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tim redaksi detikINET. Jadi, yang dipilih tentu bukan yang asal jepret.

Jika lolos moderasi, kalian juga bisa melihat hasil karya kalian dipamerkan dalam galeri FotoStop. Selamat memotret!




Simak Video "Selamat Tinggal Followers Palsu Instagram!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed