Rabu, 19 Jun 2019 08:47 WIB

Rahasia Thomp Memotret Makro Ciamik Pakai Smartphone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: doc pribadi Foto: doc pribadi
Jakarta - Kemampuan kamera smartphone kian mumpuni untuk mengabadikan segala momen, termasuk memotret makro. Tapi bagiamana caranya?

Soal ini patutnya bertanya pada Thomp. Sosoknya dikenal sebagai fotografer yang kerap memotret makro pakai smartphone.


Dihubungi detikINET, Thomp mengaku mulai rajin memotret pakai ponsel sejak 2012 dan langsung terjun ke foto makro. Alasannya simpel, karena bisa melatih kesabaran.

"Kalau foto makro itu kan harus dekat banget sama objek. Jadi kalau tidak sabar bakalan sulit mendapatkan foto-foto bagus. Foto makro juga bisa mengeksplor dunia kecil yang terabaikan dengan mata manusia," kata Thomp.

Lucunya, Thomp sempat awal-awal meragukan kemampuan smartphone untuk memotret makro dengan detail yang bagus. Setelah tahu, dia pun coba mencari informasi dan ikut komunitas.
Cerita Thomp Memotret Makro Pakai SmartphoneFoto: doc pribadi

"Belajar lewat blog. Saat cari-cari informasi ketemu grup fotografi ponsel di Facebook, ikutan gathering dan motret," cerita Thomp.

Saat memotret makro, Thomp menggunakan lensa makro tambahan yang dipasang pada ponsel. Lensa yang dipakai bekas kamera prosumer yang telah dibongkar dan dirakit menjadi lensa tambahan.

"Lensa ini banyak yang jual, harganya Rp 300 ribuan. Tapi kalau saya bikin sendiri," ujarnya.

Namun terkadang Thomp memotret tanpa lensa tambahan. Asalkan objeknya berukuran besar dan ponsel yang digunakan punya kemampuan zoom yang tinggi, seperti Reno 10x Zoom.
Cerita Thomp Memotret Makro Pakai SmartphoneSaat Thomp memotret ular tanpa lensa tambahan di Oppo Reno 10x Zoom. Foto: doc pribadi
Dicontohkan memotret Iguana, dia memanfaatkan zoom 6x di Oppo Reno. Demikian saat memotret viper blue snake yang dikenal sebagai ular yang memiliki bisa mematikan.

"Saya berdiri di jarak aman, menggunakan zoom 2-6x. Saya tinggal maju mundur untuk mencari fokusnya," terang Thomp.

Saat memotret makro hewan, Thomp menyarankan jam 06.00 - 09.00 pagi. Di periode waktu tersebut, serangga masih dalam kondisi tenang, sehingga tidak mudah kabur saat didekati.

Atau bisa pula di periode 16.00 - 18.00. Di saat ini para serangga dalam kondisi tidur.
Cerita Thomp Memotret Makro Pakai SmartphoneHasil jempretan makro Thomp. Foto: Thomp
Disarankan menggunakan setting-an resolusi tertinggi. Misalnya di ponsel yang dipakai punya resolusi 48 MP, setting-an itu yang dipakai. Ini akan memudahkan kita melakukan crop foto saat editing.

Selain itu baiknya menggunakan pengaturan manual. Sehingga bisa mengatur shutter speed, ISO, white balance dan manual fokusnya

Terakhir dan paling penting adalah kesabaran. "Banyak yang memotret makro nggak sabar, hasilnya bakalan goyang," pungkasnya.



Tonton juga video Jembatan Budaya Kali Besar Jadi Spot Foto Baru untuk Milenial:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed