Jumat, 18 Jan 2019 17:53 WIB

Kamera Olympus Punya Fitur Khusus untuk Foto Long Exposure

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi kamera Olympus. Foto: detikINET/Ari Saputra Ilustrasi kamera Olympus. Foto: detikINET/Ari Saputra
Jakarta - Olympus mempermudah pengguna untuk membuat foto long exposure melalui fitur Live Composite secara mudah tanpa harus khawatir fotonya over exposure. Begini penjelasannya.

Pada kamera konvensional, untuk membuat foto long exposure bukan perkara mudah. Kesalahan eksposur ketika mengukur kecepatan rana membuat hasil foto yang tidak menyenangkan. Dan untuk membuat yang sesuai bisa butuh waktu dari beberapa menit hingga berjam-jam. Belum lagi proses editing di komputer yang memakan waktu.

Olympus mempermudah pengguna untuk membuat foto long exposure melalui Live Composite di produk kameranya. Live Composite adalah fitur untuk menghasilkan gambar eksposur panjang secara mudah tanpa harus khawatir tentang paparan sinar berlebih atau over exposure.

Kunci kegunaannya adalah memungkinkan pengguna untuk mengambil serangkaian foto dan menumpuknya bersama di dalam kamera. Metode ini akan membuat eksposur dasar, dan hanya akan mengubah kecerahan serta merekamnya ketika cahaya baru ditambahkan. Kemudian menghentikan pemotretan eksposur ketika hasilnya sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Kamera Olympus Punya Fitur Khusus untuk Foto Long ExposureFoto: Dok. Olympus

"Fitur Live Composite memungkinkan pengguna untuk menumpuk foto di dalam kamera untuk membuat foto dengan eksposure lama yang biasanya tidak dapat dilakukan pada kamera konvensional, atau dalam situasi pencahayaan dimana penggunaan teknik long exposure normal tidak berfungsi. Menggunakan live composite juga mengurangi pengeditan dengan tidak harus menumpuk gambar di Photoshop. Karena bisa langsung menunjukkan bangunan eksposur secara real time di layar kamera," ungkap fotografer profesional Harry Sebastian, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Kamera Olympus Punya Fitur Khusus untuk Foto Long ExposureFoto: Dok. Olympus

"Anda dapat membuat berbagai foto long exposure tanpa membuat gambar menjadi semakin terang seperti yang terjadi pada saat Anda menggunakan fitur BULB atau live bulb. Eksposur dasar/eksposur awal pada fitur Live Composite dapat Anda control sesuai keinginan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memotret fire works, lightning, star trail, light trail, dan foto-foto long exposure menakjubkan lainnya dengan mudah," ungkap Sandy Chandra, Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI).

Kamera Olympus Punya Fitur Khusus untuk Foto Long ExposureFoto: Dok. Olympus

Lebih lanjut Sandy mengatakan bahwapada dasarnya fitur ini terdapat pada semua kamera Olympus yang ada di pasar saat ini, yaitu PEN E-PL7, E-PL8, E-PL9, PEN F, OM-D E-M10 mark I, E-M10 mark II, E-M10 mark III, E-M5 Mark II, E-M1 mark I dan E-M1 mark II.

Kamera Olympus Punya Fitur Khusus untuk Foto Long ExposureFoto: Dok. Olympus


Cara Menggunakan Live Composite
Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut pada kamera Olympus yang disebutkan di atas adalah dengan menggunakan mode M, kemudian putar tombol dial control shutter, lalu pilih Live Composite, terletak di shutter speed paling rendah. Selanjutnya, klik "MENU" untuk menentukan interval waktu shoot, ada 2sec-60sec, lalu klik "OK". Lantas tekan tombol shutter, untuk menentukan eksposur kompensasi dasar/awal.

Kemudian tekan kembali tombol shutter untuk memulai proses live composite. Selanjutnya proses live composite dapat dilihat secara langsung, dan Anda dapat menentukan waktu yang Anda inginkan. Bila sudah cukup untuk melakukan live composite, tekan tombol shutter sekali lagi, untuk mengakhiri.

Sedangkan pada kamera E-PL9 dan E-M10 Mark III, selain dapat mengaktifkannya pada menu M, terdapat pula menu AP (Advance Photo) yang dapat digunakan secara praktis. Kemudian lakukan langkah ini, pindahkan dial ke Mode AP, tekan tombol short cut, pilih Live Composite, kemudian tekan tombol Shutter cukup sekali, sampai batas waktu yang Anda inginkan. Tekan tombol shutter sekali lagi untuk mengakhiri.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed