Kamis, 27 Sep 2018 10:43 WIB

Ini Dia Lensa Tercepat Fujifilm

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Fujifilm. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Ilustrasi Fujifilm. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Selain dua kamera mirrorless medium format, Fujifilm juga memamerkan sebuah lensa X-Mount, yang merupakan lensa Fujifilm tercepat saat ini.

Lensa tersebut adalah XF 33mm F1 R yang punya bukaan f/1, atau yang paling cepat di jajaran lensa Fujifilm, atau bahkan dibanding sistem lensa milik pabrikan mirrorless lain. Focal lenght 33mm di format APS-C ini setara dengan 50mm di sistem full frame 35mm.

Lensa ini disebut tercepat karena mempunyai bukaan diafragma yang sangat besar, yaitu f/1. Bukaan diafragma yang besar ini memungkinkan fotografer menggunakan shutter speed yang lebih cepat dibandingkan dengan, misalnya, lensa berbukaan f/1.2 -- yang saat ini adalah bukaan terbesar di jajaran lensa X-Mount.


Sebagai informasi, salah satu lensa autofokus dengan bukaan sebesar itu adalah Canon 50mm f/1 yang dirilis pada 1989 dan kini sudah dihentikan produksinya. Belum ada harga atau tanggal perilisan lensa ini, namun dokumen roadmap Fujifilm menujukkan lensa ini akan dirilis pada 2020.

Selain XF 33mm, ada beberapa produk lain yang dipamerkan di Photokina 2018. Yaitu GFX 50R, dan sebuah kamera mirrorless medium format dengan resolusi 100 megapixel, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (27/9/2018). (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed