Rabu, 11 Jul 2018 09:30 WIB

Canon dan Nikon Segera Rilis Mirorless Full Frame

Annisa Shafira - detikInet
Ilustrasi Canon. Foto: Dok. Enche Tjin Ilustrasi Canon. Foto: Dok. Enche Tjin
Jakarta - Canon dan Nikon kabarnya akan meluncurkan kamera miroless full frame akhir 2018 ini. Jika benar, para pecinta fotografi tentu akan senang.

Bisnis kamera akhir-akhir ini memang agak sulit, mengingat kamera smartphone yang tak kalah bagusnya. Kini makin jarang orang yang membeli kamera hanya karena coba-coba. DSLR pun hanya digunakan oleh para professional dan pecinta fotografi.

Di tengah kondisi ini, kamera mirrorless jadi pilihan. Pasalnya, kamera jenis ini menghasilkan jepretan yang jauh lebih baik dari kamera smartphone, namun ukurannya tak sebesar SLR sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana.



Kamera mirrorless boleh dibilang akan penting di masa depan dunia fotografi. Tak heran, banyak perusahaan yang bergerak di bidang fotografi, berinvestasi pada teknologi ini.

Namun Canon dan Nikon terlihat belum memprioritaskan teknologi ini. Meski jumlah penjualan kamera DSLR menurun, kamera tersebut masih dianggap jenis kamera terbaik di dunia dan masih menjadi kesayangan para professional.

Sementara itu, perusahaan lain seperti Sony dan Fujifilm telah membuat terobosan baru yang bahkan mampu masuk ke dunia professional. Seri Alpha dan X-Pro berhasil menunjukan bahwa kamera mirrorless memiliki kinerja sebagus kamera DSLR.

Seperti dikutip detikINET dari TechCurch, Rabu (11/7/2018), banyak rumor bertebaran yang menyebutkan Canon dan Nikon akan mulai menjual kamera mirrorless akhir tahun ini.

Untuk Nikon, kemungkinan akan mulai menjualnya di akhir bulan ini. Keputusan yang dibuat oleh kedua perusahaan ini dapat berarti beberapa hal.

Pertama, mereka yakin bahwa sistem kamera mirrorless dapat bersaing dengan kamera SLR di dunia professional. Kedua, mereka percaya bahwa para professional siap bertransisi menggunakan kamera mirrorless.

Lebih dari itu, mereka sendiri siap bertransisi. Karena dengan meluncurkan kamera jenis ini. Kabarnya, baik Nikon maupun Canon akan meluncurkan dua kamera.



Banyak rumor mengenai detail kamera yang akan dikeluarkan Nikon, namun intinya, akan ada satu kamera yang dibekali megapixel yang tinggi. Sayangnya, belum ada bocoran mengenai kamera mirrorles yang akan dirilis Canon sejauh ini.

Perlu diingat, meski ukurannya mengecil, jangan harap harganya akan mengecil juga. Kamera ini kemungkinan besar akan berharga sekitar USD 2.500 - USD 4.000 (berkisar Rp 40 - 57 jutaan) seperti kamera-kamera SLR lain keluaran Nikon dan Cannon. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed