Minggu, 18 Mar 2018 10:30 WIB

Ini Alasan Fujifilm Mulai Fokus ke Video

Adi Fida Rahman - detikInet
Fujifilm X-H1 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Fujifilm X-H1 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Padang - Makin banyaknya generasi milenial yang rajin bikin video, baik berupa vlog maupun Instagram Stories, telah mempengaruhi strategi bisnis Fujifilm. Vendor kamera asal Jepang ini tidak mau hanya fokus pada foto saja, tapi juga video.

Demikian diungkap Marketing Manager Electronics Imaging Fujifilm Indonesia Anggiawan Pratama saat berbincang di sela-sela acara X-Plore X-H1 yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, Sabtu malam (17/3/2017).

Dia mengatakan dulu Fujifilm fokus pada still image. Tapi belakangan video tidak bisa dikesampingkan. Mereka melihat para YouTuber sudah semakin besar, dan mereka butuh alat yang dapat mendukung dalam pembuatan konten.

"Di konsumen rupanya ada demand-nya. Jadi kami tidak bisa kalau terus menerus hanya fokus di still image. Jadi kami step by step bergerak di video," ujar pria yang disapa Anggi ini.

Sebagai perwujudannya, Fujifilm menghadirkan X-H1. Kamera ini diklaim tidak hanya handal dalam memotret foto, tapi merekam video.


Fujifilm membekali kamera barunya dengan kDCI 4K, kemampuan merekam video lambat 1080/120p dan F-log SD card recording pada X-A. Punya pengaturan dynamic range 400% (hingg 12 stops), mampu merekam video dengan bit rate 200 Mbps, juga terdapat 20 fungsi tambahan lainnya termasuk 1080p/120fps mode video kecepatan tinggi untuk merekam slow motion.

"Paling menarik, kami menambahkan Eterna di X-H1," kata Anggi.

Dijelaskannya, X-H1 juga menjadi mirrorless Fujifilm seri X pertama yang dilengkapi dengan efek simulasi baru bernama Eterna yang dirancang untuk pengambilan video. Efek ini sering digunakan oleh film layar lebar, seperti King Speech dan Slumdog Millionaire.

Kendati makin fokus ke video, Fujifilm belum ada rencana menyematkan fitur Eterna di kamera mirrorless entry levelnya. "Belum ada, kami masih menjadikan Eterna fitur utama di X-H1," pungkas Anggi.

X-H1 sudah akan dijual Fujifilm di Indonesia mulai 24-25 Maret mendatang lewat e-commerce Blibli. Siapkan dana Rp 28 juta untuk membawa kamera ini (body only), jika dengan aksesori vertical power boost grip VPB-XH1 dilepas seharga Rp 32,499 juta.

[Gambas:Video 20detik]



(afr/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed