Kamis, 24 Agu 2017 14:08 WIB

Nikon Rilis D850, Apa Keunggulannya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa/Cnet Foto: Istimewa/Cnet
Jakarta - Nikon merilis sebuah DSLR anyar, yaitu D850, sebuah DSLR full frame dengan resolusi 45,7 megapixel. Apa keunggulannya?

Jika dilihat dari stratanya, D850 tentu masih kalah dibanding DSLR pro Nikon seperti D5. Namun, dilihat dari segi spek, D850 yang menggunakan sensor full frame ini tampaknya bakal jadi kamera andalan dari berbagai kalangan.

Sensor CMOS-nya selain punya resolusi 45,7 megapixel juga tergolong back side illuminated, dan ini pertama kalinya Nikon menggunakan sensor seperti itu. Sensor ini dipasangkan dengan prosesor gambar terbarunya yaitu Expeed 5.

Seperti mengikuti tren yang ada, Nikon juga menghilangkan filter low pass pada sensor D850, yang artinya akan lebih banyak detail gambar yang bisa direkam menggunakan sensor tersebut.

Tak sekadar jago merekam gambar diam,D850 juga punya banyak fitur perekaman video. Seperti kemampuan merekam video 4K UHD dengan frame rate 30 atau 24 fps. Sementara video 1080p-nya bisa direkam dengan frame rate sampai 120 fps.

Video 4K-nya pun bisa direkam tanpa kompresi dengan format 4:2:2 8 bit ke perekam eksternal melalui port HDMI di bodi kamera, yang bisa dilakukan secara bersamaan dengan perekaman secara internal. Ada juga mode timelapse dengan resolusi 8K, alias dua kali lipat resolusi pada kebanyakan DSLR saat ini.

Soal autofokus, ada 153 titik autofokus yang bisa dipakai, dan 99 di antaranya bertipe silang. Burst mode-nya bisa merekam foto sampai 7 fps, dan bisa ditingkatkan menjadi 9 fps dengan battery grip.

Slot memorinya ada dua, yaitu satu slot XQD dan satu SD card, dan baterai yang bisa bertahan sampai 1800 foto atau 70 menit video. Konektivitasnya terbilang lengkap, WiFi, Bluetooth dan Snapbridge. Demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (24/8/2017). (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed