3 Lensa Elektromagnetik Baru Nikon

3 Lensa Elektromagnetik Baru Nikon

Penulis: Enche Tjin - detikInet
Jumat, 03 Jul 2015 13:13 WIB
Nikon 16-80mm f/2.8-4E VR DX.
Jakarta - Nikon punya amunisi baru untuk memperkuat jajaran lensanya, di antaranya Nikon 16-80mm f/2.8-4E VR DX, AF-S 500mm f/4E dan AF-S 600mm f/4E.

Ketiga lensa ini memiliki desain yang baru dengan mekanisme elektromagnetik untuk mengganti bukaan/diafragma lensa. Mekanisme ini adalah unit bilah diafragma yang dikendalikan oleh sinyal elektronik dari body kamera.

Dengan mekanisme baru ini, exposure akan lebih stabil saat pengambilan foto berturut-turut. Videografer juga akan diuntungkan karena mengubah aperture saat syuting menjadi lebih mulus.

Sistem ini berbeda dengan lensa-lensa autofokus Nikon sebelumnya yang mengunakan metode mekanik, bukan elektronik untuk mengendalikan besarnya diafragma lensa.

Perubahan yang bagus ini membuat nama lensa Nikon sedikit berubah, dari Nikon G menjadi E. Perubahan ini tampaknya juga membuat ukuran dan berat lensa Nikon 16-80mm f/2.8-4E sama dengan pendahulunya 16-85mm f/3.5-5.6 VR, yaitu 480 gram, padahal bukaan lensa yang baru 1 stop lebih besar.

Lensa 500mm dan 600mm yang baru juga mengalami penurunan berat, rata-rata 20% lebih ringan dari sebelumnya. Hal ini membuat senang fotografer wildlife dan sports. Teknologi electromagnetic ini tampaknya akan diterapkan ke lensa-lensa baru Nikon di masa mendatang.



Selain perubahan di mekanik lensa, coating/lapisan lensa juga diperbaharui. Ketiga lensa kini dilengkapi dengan fluorine coating, yang membuat bagian depan lensa lebih tahan debu, air dan kotoran yang lain.

Selain itu, coating Nano Crystal Coat juga diterapkan di lensa Nikon AF-S 16-80mm f/2.8-4E VR, coating ini memastikan hasil gambar yang kontras dan mencegah munculnya flare saat lensa diarahkan ke sumber cahaya yang kuat seperti matahari. Lensa ini merupakan lensa DX pertama yang mendapatkan treatment coating ini.

Lensa Nikon 16-80mm akan dijual dengan harga USD 1.070. Harga ini tergolong relatif tinggi karena melebihi sebagian besar kamera DSLR Nikon yang bersensor APS-C. Tapi kemungkinan besar lensa ini akan populer bagi fotografer travel yang ingin lensa berkualitas tinggi tapi tidak ingin membawa kamera dan lensa full frame yang relatif berat. Sedangkan harga lensa Nikon 500mm USD 10.300 dan Nikon 600mm USD 12.300.

(ash/ash)