10 Ular Paling Mematikan di Dunia

10 Ular Paling Mematikan di Dunia

ADVERTISEMENT

FotoINET

10 Ular Paling Mematikan di Dunia

Istimewa - detikInet
Minggu, 15 Des 2019 16:01 WIB

Jakarta - Menurut World Health Organization (WHO) ada 200 spesies ular yang racunnya berbahaya bagi manusia. Berikut 10 diantaranya.

Belcher's Sea Snake: Berdasarkan banyak ahli, racun Belcher's sea snake 100 kali lebih beracun dibanding racun ular lain. Hanya butuh beberapa miligram racun Belcher's sea snake untuk membunuh lebih dari 1.000 orang. Berita baiknya, ular ini sedikit pemalu dan takkan menggigit kecuali diprovokasi berlebihan. (foto: Wikipedia)

Black Mamba: Selain salah satu yang paling mematikan, ular ini juga merupakan salah satu yang tercepat. Black mamba dapat bergerak dengan kecepatan 5,5 meter per detik dan gigitannya dapat membunuh manusia dalam 30 menit. (foto: Wikipedia)

Blue Krait: Gigitan dari ular yang sering ditemui di Thailand ini 50 persennya selalu berujung kematian. Bahkan ketika korban telah diberikan anti racun. (foto: Wikimedia)

Death Adder: Ular ini paling banyak ditemui di Australia dan merupakan ular darat paling beracun di sana. Tidak seperti ular lainnya, ular ini banyak menghabiskan waktu untuk menunggu ketika berburu mangsa. Ketika mangsa mendekat, ular ini langsung menggigit dan menunggu mangsanya mati sebelum dimakan.(foto: Wikipedia)

Eastern Brown Snake: Ular ini dianggap sebagai ular darat paling berbisa kedua di dunia. Ular ini sering ditemukan di Australia, Papua Nugini, dan Indonesia. (foto: Wikipedia)

Inland Taipan: Gigitan ular ini dapat membunuh manusia dengan sangat cepat, dalam kurang dari satu jam. Racunnya dapat langsung melumpuhkan manusia dan dapat menyebabkan pendarahan di pembuluh darah dan jaringan otot. (foto: Wikipedia)

King Cobra: Racun yang dimiliki King Cobra dapat membunuh seekor gajah Asia. Selain melalui gigitan, ular ini juga dapat "menyemburkan" bisanya. Ular ini juga dapat mencapai panjang hingga 5,5 meter, menjadikannya ular berbisa terpanjang di dunia. 

Philippine Cobra: Satu gigitan dari kobra yang hanya ditemukan di utara Filipina ini dapat membunuh manusia dalam waktu 30 menit. Racunnya juga dapat melumpuhkan sistem syaraf dan sistem pernapasan manusia. (foto: Wikipedia)

Saw Scaled Viper: Ular yang banyak ditemukan di India dan Timur Tengah ini tidak memiliki racun yang paling mematikan. Tetapi, gigitan ular ini menyebabkan lebih banyak kematian manusia daripada gabungan semua spesies ular lainnya. (foto: Wikipedia)  

Tiger Snake: Tiger snake merupakan ular yang banyak ditemukan di Australia Selatan dan Tasmania. Ular ini sangat berbahaya karena dapat membunuh manusia dengan kombinasi neurotoksin, koagulan, hemolysin, dan mikotoksin. (foto: National Geographic)

(/)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT