Canggih! Ini Robot Sophia yang Ngobrol Seru Bareng Menkominfo

FotoINET

Canggih! Ini Robot Sophia yang Ngobrol Seru Bareng Menkominfo

Agung Pambudhy - detikInet
Selasa, 17 Sep 2019 19:20 WIB

Jakarta - Penampilan robot Sophia di Youth Dialogue 2019 menarik perhatian masyarakat. Menkominfo hingga Kepala Bekraf turut serta ngobrol bareng robot humanoid itu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Kepala Bekraf Triawan Munaf tak ingin ketinggalan mengobrol dengan robot humanoid bernama Sophia dalam gelaran acara Youth Dialogue 2019 yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Sophia dikembangkan oleh perusahaan Hong Kong bernama Hanson Robotics. Selain dapat menampilkan lebih dari 50 ekspresi wajah, robot humanoid ini juga dirancang untuk memberikan jawaban berbagai pertanyaan.

Tak heran momen perbincangan antara Menkominfo Rudiantara dengan Robot Sophia semakin menarik karena kemampuan robot humanoid tersebut merespon pertanyaan dari lawan bicaranya.

Wajah Sophia dibuat berdasarkan muka aktris tenar di masa silam, Audrey Hepburn. Ia dikenal luas karena penampilan, ekspresi mirip dengan manusia serta mampu berkomunikasi.

Teknologinya memakai kombinasi artificial intelligence, pemroses data visual dan pengenal wajah.

Sophia dapat menjawab pertanyaan tertentu, bahkan mengobrol walau topiknya harus ditetukan dahulu. Ia memakai teknologi pengenal suara dari induk Google, Alphabet, dan didesain bertambah pintar secara mandiri.

"Kamera yang ada di mata Sophia dikombinasikan dengan komputer yang memungkinkannya untuk melihat. Ia bisa mengikuti wajah, menatap mata dan mengenali individu. Sekitar Januari 2018, Sophia di-upgrade kakinya untuk berjalan," begitu informasi mengenai Sophia.

Selepas 'dilahirkan' alias aktif pada tanggal 14 Februari 2016. Robot Sophia sering diliput media global dan sering tampil dalam event penting.

(/)