Perkenalkan Ojol Pendatang Baru Penantang Gojek dan Grab - Foto 2

FotoINET

Perkenalkan Ojol Pendatang Baru Penantang Gojek dan Grab

Muhammad Ridho - detikInet
Jumat, 06 Sep 2019 12:27 WIB

Jakarta - Kini masuk aplikasi baru yang coba menantang unicorn Gojek atau Grab. Kenalkan namanya PT Gaspol Angkasa Surya atau yang lebih sering disebut dengan Gaspol.

Bila kamu salah satu orang yang melihat unggahan foto orang menggunakan helm 'bersayap' layaknya hero di film 'Gundala', maka itu adalah salah satu atribut dari Gaspol yang memang baru beroperasi dua bulan terakhir ini.
Lisa Subandi CEO Gaspol mengatakan terciptanya layanan transportasi online ini bermula dari keresahan dan kepeduliannya serta dua temannya, Salim dan Abiraja.
Awalnya, Lisa mengaku sering memakai layanan transportasi online dan berdiskusi dengan mereka. Menurutnya kepada detikINET, Kamis (5/9/2019), dari segi pendapatan tidak sesuai dengan bayangannya. Dari sana ia berpikir untuk membuat sesuatu yang bisa membuka lapangan pekerjaan tanpa driver merasa dieksploitasi.
Lisa mengaku Gaspol tidak mematok berapa angka pasti driver yang ingin mereka rekrut. Meski begitu, total sudah ada sekitar 9 ribu driver yang bergabung di sana dan disebut terus bertambah.
Keunikan di Gaspol adalah adanya kapten yang mengatur dan bertanggung jawab pada driver yang ada di bawahnya. Setiap kapten harus memastikan semua riders menaati peraturan yang ada dan memenuhi prosedur lainnya.
Kini ada sekitar 76 kapten, masing-masing kapten bertanggung jawab atas minimal 70 pengemudi. Mitra yang terpilih diklaim sudah disaring ketat, mulai dari validasi data identitas misalnya. Dari standar operasional pun, mitra harus memiliki ID.
Gaspol punya basis di Depok hal ini dikarenakan jumlah komunitas terbesar berada di kawasan tersebut.
Menurut klaim Abiraja yang turut serta dalam diskusi, banyak juga driver yang pindah ke Gaspol.
Untuk sementara, pembayaran ojol ini bisa melalui top-up melalui bank atau cash.
Tak menutup kemungkinan perusahaan ini akan bekerjasama dengan layanan fintech nantinya.
(/)