10 Planet Paling Mirip Bumi - Foto 3

FotoINET

10 Planet Paling Mirip Bumi

Istimewa - detikInet
Kamis, 05 Sep 2019 12:00 WIB

Jakarta - Planet-planet di antariksa ini diketemukan ilmuwan dan dianggap memiliki kemiripan dengan Bumi yang kita tinggali. Berikut 10 planet mirip Bumi tersebut.

Teegarden's Star b. Per Juli 2019, ini merupakan planet terbaru yang sudah diketemukan dan paling mirip dengan Bumi. Pada Earth Similarity Index, planet ini 95 persen punya kemiripan dengan Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

TRAPPIST-1e. Planet yang berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi ini disebut sebagai exoplanet ketiga yang paling mungkin ditinggali dan 95 persen mirip dengan Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

TRAPPIST-1d. "Saudara"-nya TRAPPIST-1e ini dianggap punya temperatur yang sangat mirip dengan Bumi. Ada dugaan pula bahwa di planet ini punya atmosfer, laut, dan atau lapisan es. Di Earth Similarity Index, kemiripannya mencapai 89 persen. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

Kepler-438b. Planet yang ditemukan oleh wahana NASA Kepler ini dispekulasikan memiliki lapisan air di permukaan. Tetapi ada pula yang menyebut radiasi di planet ini membuatnya tak bisa dihuni. Planet ini dianggap 88 persen mirip Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

Proxima Centauri b. Planet ini mengorbit Proxima Centauri, yang mana merupakan bintang "tetangga" terdekat Matahari-nya Bumi. Punya dua wilayah kontras, yang terus-menerus gelap dan juga senantiasa terang. 87 persen mirip dengan Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

Kepler-442b. Exoplanet ini digadang-gadang sebagai salah satu yang paling mirip dengan Bumi dalam hal ukuran dan suhu. Indeks kemiripannya sendiri adalah 84 persen. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

EPIC 201238110.02. Exoplanet ini diketemukan relatif baru. Jaraknya sekitar 522 tahun cahaya dari Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

Teegarden’s Star c. Berjarak 12 tahun cahaya dari Bumi, exoplanet ini merupakan planet keempat terdekat yang dianggap bisa dihuni. Suhu di planet ini membuat permukaannya diduga berisikan air atau es. 68 persen mirip Bumi menurut ESI. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

Wolf 1061c. Ini merupakan planet kelima, yang sudah diketemukan, paling dekat Bumi dengan jarak 13,8 tahun cahaya. ESI mencatatnya memiliki kemiripan 76 persen dengan Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

Ross 128 b. Ini merupakan planet terdekat di luar sistem tata surya kita yang mengorbit sebuah bintang kerdil dan dianggap bisa dihuni. Plant ini pun diketahui memiliki atmosfer. 86 persen mirip Bumi. (Foto: Dok. NASA via Brightside.com)

(/)