Lebih Dekat dengan Wujud Lubang Hitam yang Misterius - Foto 3

FotoINET

Lebih Dekat dengan Wujud Lubang Hitam yang Misterius

istimewa - detikInet
Kamis, 11 Apr 2019 18:21 WIB

Jakarta - Sejarah baru ditorehkan saat seorang astronom berhasil mengabadikan wujud Lubang Hitam, atau dikenal dengan Black Hole, yang selama ini menjadi penuh misteri.

Untuk pertama kalinya, astronom dapat menangkap gambar lubang hitam (black hole) yang selama ini jadi misteri wujudnya. (Foto: Reuters)

Berdasarkan foto yang dirilis, lubang hitam ini berwarna kuning melingkari titik hitam dipusatnya, serupa cincin api. (Foto: Reuters)

Penampakan lubang hitam ini dipotret oleh Event Horizon Telescope (EHT), jaringan delapan teleskop radio yang tersebar di seluruh dunia.  (Foto: Reuters)

Berdasarkan penemuan ini, lubang hitam luasnya diperkirakan mencapai 40 miliar km atau setara tiga juta kali ukuran Bumi. Lubang hitam yang difoto ini adalah yang berjarak 500 juta triliun km jauhnya dari Bumi, tepatnya berada di galaksi yang disebut M87. (Foto: Reuters)

"Apa yang kita lihat ini lebih besar dari ukuran seluruh Tata Surya kita," kata Prof Heino Falcke dari Radboud University dikutip dari BBC, Kamis (11/4/2019). (Foto: Reuters)

"Ini memiliki massa 6,5 miliar kali dari Matahari. Dan itu adalah salah satu lubang hitam terberat pernah ada, menurut kami. Ini adalah monster absolut, juara kelas berat lubang hitam di semesta," tuturnya. (Foto: Reuters)

Falcke yang menyebut lubang hitam ini serupa cincin api menjelaskan, warna terang yang menyelimuti titik hitam ini ialah gas super panas yang jatuh ke dalam lubang. Saking kuatnya tarikan lubang hitam ini, cahaya pun bisa terhisap ke dalamnya. (Foto: Reuters)

(/)