Deretan Unggahan Facebook yang Bikin Kacau Pemilu AS

FotoINET

Deretan Unggahan Facebook yang Bikin Kacau Pemilu AS

istimewa - detikInet
Sabtu, 12 Mei 2018 11:14 WIB

Jakarta - Amerika Serikat berhasil membongkar 30.000 iklan di Facebook buatan IRA, firma analisis dari Rusia, yang mengacaukan kampanye pemilihan presiden AS 2016 lalu.

Facebook menjadi wadah bagi IRA untuk mengacaukan kampanye pilpres AS 2016 dengan membuat sejumlah seruan yang tampak menjatuhkan kedua calon, Trump dan Clinton. (Foto: Reuters)

Dari 2015 hingga 2017, Rusia membuat sekitar 129 event tentang aksi anti Trump maupun pro muslim, dengan sekitar 62 ribu user menghadirinya secara keseluruhan. (Foto: CNET)

Untuk meningkatkan intensitas isu rasial pada pemilihan presiden AS 2016, Rusia menyebar iklan-iklan yang berbau pergerakan masyarakat kulit hitam. (Foto: CNET)

IRA turut menyebar sejumlah iklan dan grup yang mengangkat isu keamanan perbatasan negara sekaligus sentimen terhadap anti imigrasi pada kampanye Donald Trump. (Foto: CNET)

Keberpihakan terhadap kepemilikan senjata juga digaungkan oleh deretan iklan yang mengarah ke hal tersebut. (Foto: CNET)

Terdapat grup bernama Heart of Texas yang memiliki 253.862 pengikut. Di dalamnya, masalah senjata, imigrasi, hingga anti Hillary Clinton menjadi sejumlah isu yang diangkat khusus untuk warga Texas. (Foto: CNET)

Sejumlah grup yang mendukung diakuinya kaum LGBT seperti LGBT United juga diciptakan untuk memberikan serangan balik terhadap protes yang kerap ditujukan pada golongan tersebut. (Foto: CNET)

Kampanye anti muslim yang menyeret nama Trump dan Clinton juga dibuat oleh IRA. (Foto: CNET)

Banyak unggahan dari IRA yang memposisikan dirinya sebagai pro militer dan anti Clinton. Sejumlah unggahannya pun mengangkat para veteran untuk membangun kelompok masyarakat baru. (Foto: CNET)

Iklan dan grup paling banyak dijumpai adalah yang mengangkat Trump, sekaligus menjatuhkan Clinton. Bahkan, sempat muncul #HillaryClintonForPrison2016. (Foto: CNET)

(/)