Potret Senyuman Menawan Warga Korea Utara

FotoINET

Potret Senyuman Menawan Warga Korea Utara

istimewa - detikInet
Sabtu, 28 Apr 2018 11:55 WIB

Jakarta - Meski dikenal sebagai negara tertutup dan penuh penderitaan namun warga Korea Utara ternyata masih memiliki senyum di wajahhnya. Seperti deretan foto ini.

Adalah Eric Lafforgue seorang fotografer yang sudah berkeliling Korea Utara sampai 6 kali. Foto warga korea sedang makan es krim di taman Nasioanl Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Eric Lafforgue)

Lewat fotografinya ia menggemparkan dunia dengan hasil jepretan yang jarang diketahui publik dengan membuka kehidupan terlarang di Korea Utara. Senyum si mungil mengenakakn pakaian tradisional. (Foto: Eric Lafforgue)

Para aktor duduk di tangga sambil tertawa di Studio film Pyongyang, Korea Utara. Ia mengisahkan bagaimana pemerintah mengendalikan para wisatawan asing untuk mengikuti semua kebijakan ketat yang telah ditetapkan mulai dari tempat wisata hingga foto-foto yang boleh diambil. (Foto: Eric Lafforgue)

Tawa ceria gadis kecil saat festival International Kimilsungia & Kimjongilia di Pyongyang, Kore Utara. Untuk deretan foto ini ia menemukan sisi lain warga Korea Utara yang masih memiliki senyuman di wajahnya. (Foto: Eric Lafforgue)

Ia menceritakan banyak yang mengatakan di Korea utara satu-satunya orang yang bisa tersenyum adalah pemimpin yang terhormat. (Foto: Eric Lafforgue)

Namun selama 6 kali perjalanan di negara tertutup ini ia dapat menyimpulkan bawaha orang Korea Utara bukanlah robot seperti banyak digambarkan, mereka juga bisa tersenyum. (Foto: Eric Lafforgue)

"Bahkan jika mereka menderita karena kurangnya kebebasan dan keditatoran, namun mereka masih memiliki sifat bahagaia dalam hidup mereka," ujar Eric. (Foto: Eric Lafforgue)

Tak mudah bagi Eric untuk mengambil foto-foto karena pemandu wisata selalu mengikutinya untuk mencegah mengambil fot0-foto terlarang. (Foto: Eric Lafforgue)

Foto kepala perusahaan listrik yang tersenyum tanpa paksaan. (Foto: Eric Lafforgue)

Senyum manis tentara perempuan di Menara Ide Juche, Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Eric Lafforgue)

Dua anak laki-laki berpose di depan seragam militer. (Foto: Eric Lafforgue)

Tak hanya di Korsel, wanita Korut juga memiliki paras cantik seperti wanita ini yang tersenyum di depan kamera. (Foto: Eric Lafforgue)

Gaya berpakaian gaul remaja Korea Utara.( Foto: Eric Lafforgue)

Senyum wanita Korea Utara menaiki sepeda. (Foto: Eric Lafforgue)

Mereka sedang menari di taman tampak bahagia. (Foto: Eric Lafforgue)

Senyum dua wanita di depan kamera. (Foto: Eric Lafforgue)

Meski sudah tua, wanita ini tetap memberikan senyum bahagia. (Foto: Eric Lafforgue)

Kumpulan mahasiswa Korea Utara dengan ekspresi bahagia melakukan tarian di taman Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Eric Lafforgue)

Dua anak kecil yang sedang bermain di camp International Children di Wonsan, Korea Selatan. (Foto: Eric Lafforgue)

Senyum bocah kecil saat memancing. (Foto: Eric Lafforgue)

Pria yang memberikan sapaan dengan senyum ramahnya. (Foto: Eric Lafforgue)

Kumpulan pria muda yang menunjukkan ekspresi tawanya. (Foto: Eric Lafforgue)

Tentara wanita yang tertawa menutupi wajahnya. (Foto: Eric Lafforgue)

Foto: Eric Lafforgue

(/)