Mengenal Quasar, Benda Angkasa Terang yang Penuh Misteri

FotoINET

Mengenal Quasar, Benda Angkasa Terang yang Penuh Misteri

istimewa - detikInet
Selasa, 27 Feb 2018 10:22 WIB

Jakarta - Memancarkan cahaya sendiri tapi bukan bintang. Menghasilkan gelombang radio tapi bukan ponsel. Itulah quasar, objek antariksa yang membingungkan ahli astronomi.

Quasar merupakan benda angkasa yang sangat terang, namun berada sangat jauh dari Bumi. (Foto: NASA)

Saking terangnya, quasar mampu 'meredupkan' cahaya dari bintang-bintang yang berada di galaksi yang sama dengannya. (Foto: NASA)

Karena lokasinya yang sangat jauh, walaupun objek ini sangat terang, butuh waktu miliaran tahun cahaya bagi pancaran Quasar untuk sampai ke Bumi. (Foto: NASA)

Salah satu quasar terdekat dari Bumi berjarak sekitar 2,5 miliar tahun cahaya, sedangkan salah satu yang terjauh berjarak sekitar 13 miliar tahun cahaya. (Foto: NASA)

Quasar sendiri berarti quasi-stellar radio source (sumber radio mirip bintang), karena objek ini menghasilkan gelombang radio, walau hanya sekitar 10% yang memancarkannya dengan kuat. (Foto: NASA)

Quasar ditemukan pada sekitar 1960an saat para ahli astronomi mendeteksi  sinyal radio kuat yang datang dari benda samar mirip bintang. (Foto: NASA)

Quasar juga memancarkan sinar x, ultraviolet, gamma, dan gelombang infrared, dengan energi yang dihasilkan bisa lebih besar dari gabungan 100 galaksi pada umumnya. (Foto: NASA)

Jika dibandingkan dengan Matahari, quasar bisa triliunan kali lebih terang dari pusat tata surya tersebut. (Foto: NASA)

Kebanyakan dari quasar memiliki ukuran yang lebih besar dari sistem tata surya. (Foto: NASA)

Para ahli astronomi memperkirakan quasar berada di galaksi yang memiliki lubang hitam di pusatnya sebagai penyalur energi yang membuat objek tersebut menjadi sangat terang. (Foto: NASA)

(/)