Video 'Jack Ma Kecil' Mengemis Viral, Netizen Geram

Video 'Jack Ma Kecil' Mengemis Viral, Netizen Geram

ADVERTISEMENT

Video 'Jack Ma Kecil' Mengemis Viral, Netizen Geram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 26 Jan 2023 06:09 WIB
Fan Xiaoqin alias Jack Ma Kecil
Video 'Jack Ma Kecil' Mengemis Viral, Netizen Geram Foto: Weibo
Jakarta -

Fan Xiaoqin, bocah yang mirip Jack Ma hingga disebut 'Jack Ma Kecil' kembali menjadi bahan pembicaraan di media sosial China. Pasalnya video yang memperlihatkan Fan mengemis di jalanan tiba-tiba viral.

Dalam video yang direkam pada akhir tahun 2022 dan baru saja viral, Fan terlihat memberhentikan sebuah mobil di tengah jalanan yang ramai di Yongfeng, Provinsi Jiangxi, China.

Dalam video lainnya, seorang pria yang berada di dalam mobil mengarahkan kameranya ke Fan dan mengejeknya: "Lihat, Jack Ma Kecil mengemis uang dariku di jalanan."

Pegawai pemerintahan setempat mengatakan Fan disuruh mengemis oleh anggota keluarganya. Fan, yang berusia 15 tahun dan mengalami gangguan intelektual, tidak memahami apa yang ia lakukan.

Tapi menurut pegawai pemerintah lainnya, keluarga Fan tidak mengalami kesulitan keuangan karena mereka menerima bantuan bulanan dari pemerintah sebesar 2.400 Yuan atau sekitar Rp 5 ,2 jutaan.

Pada 17 Januari, sepupu Fan bernama Huang Xinlong meminta maaf lewat video yang diunggah di Douyin. Dalam videonya, Huang mengatakan Fan dikelabui oleh anak-anak lain saat ia sedang dalam perjalanan bisnis dan tidak bisa menjaganya.

Huang mengatakan orang tua Fan tidak bisa mengurusnya dan saudaranya. Ayahnya kehilangan kaki kanannya yang diamputasi karena gigitan ular berbisa, sedangkan ibunya memiliki masalah pada matanya dan gangguan intelektual.

Fan pertama kali viral dan dikenal sebagai 'Jack Ma Kecil' setelah Huang mengunggah fotonya di media sosial pada tahun 2015. Foto itu langsung viral hingga Jack Ma sendiri mengunggah ulang di akun Weibonya dan mengatakan seperti melihat cermin.

Pada tahun 2017, Fan sempat dikontrak oleh agensi untuk menjadi selebriti internet. Ia diberikan apartemen mewah di Provinsi Hebei lengkap dengan perawat, dan disekolahkan di sekolah lokal.

Meski sudah disekolahkan, Fan dilaporkan jarang memperhatikan pelajaran di kelas dan tidak pernah mengikuti ujian. Ia kemudian dikembalikan ke kampung halamannya setelah kontraknya habis pada tahun 2021.

Viralnya video Jack Ma kecil mengemis langsung membuat netizen China geram. Mereka mempertanyakan mengapa keluarganya dan industri hiburan masih mengeksploitasi bocah itu.

"Dia anak yang sangat kasihan, yang hidupnya dirusak oleh keluarganya dan kapitalis rakus," kata seorang netizen di Weibo, seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (25/1/2023).

"Kenapa memanggilnya 'Jack Ma Kecil'? Panggil saja dia 'Fan Xiaoqin'," kata netizen lain yang menunjukkan bahwa julukan itu merupakan bentuk eksploitasi.



Simak Video "Jack Ma Akhirnya Bicara, Bahas Nasib Guru dan Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT