Bill Gates Ramal Masa Depan Manusia, Lebih Baik Atau Suram?

Bill Gates Ramal Masa Depan Manusia, Lebih Baik Atau Suram?

ADVERTISEMENT

Bill Gates Ramal Masa Depan Manusia, Lebih Baik Atau Suram?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 25 Jan 2023 11:14 WIB
Bill Gates
Bill Gates ramal masa depan manusia. Foto: Associated Press
Jakarta -

Bill Gates sering mencemaskan dampak perubahan iklim dan ancaman lain yang mungkin berimbas negatif bagi generasi masa depan. Akan tetapi ternyata di sisi lain, pendiri Microsoft ini tetap merasa optimistis.

Dikutip detikINET dari CNBC, dia masih sangat optimis tentang masa depan umat manusia. Bahkan dengan tantangan generasi saat ini dan masa depan, Gates menyebut siapa pun yang lahir beberapa dekade mendatang berada dalam situasi lebih baik dari orang yang lahir di masa sebelumnya.

"Saya masih sangat optimis bahwa akan jauh lebih baik lahir 20 tahun dari sekarang, 40 tahun dari sekarang, 60 tahun dari sekarang daripada setiap saat di masa lalu," katanya dalam sebuah wawancara di Lowy Institute.

Memang, dunia mengalami tren buruk seperti pandemi Covid-19, kegagalan pemerintah mengatasi perubahan iklim, dan meningkatnya polarisasi politik di AS. Survei Gallup menemukan hanya 42% orang Amerika percaya kaum muda saat ini akan punya standar hidup lebih baik dari orang tua mereka. Angka itu 18% lebih rendah dari tahun 2019.

Akan tetapi menurut Bill Gates, masa depan tetap akan lebih baik. Ia merujuk kemajuan dalam kesehatan masyarakat, dengan angka kematian global untuk anak di bawah 5 tahun telah berkurang setengahnya selama dua dekade terakhir.

"Jumlah inovasi untuk perbaikan kondisi manusia secara keseluruhan masih akan sangat dramatis. Kita akan menyembuhkan obesitas, menyembuhkan kanker, memberantas polio," kata Gates.

Kemudian dibandingkan masa silam, angka harapan hidup manusia melonjak drastis. Di tahun 1700, rata-rata orang meninggal dunia sebelum usia 40 tahun. Saat ini di AS misalnya, harapan hidup tembus 76 tahun. Semuanya berkat inovasi di bidang teknologi dan kesehatan yang terus berkembang.



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT