Resign dari Kantor, Adhe Tora Bersyukur Jadi Full-Time Content Creator

Resign dari Kantor, Adhe Tora Bersyukur Jadi Full-Time Content Creator

ADVERTISEMENT

Resign dari Kantor, Adhe Tora Bersyukur Jadi Full-Time Content Creator

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 23 Jan 2023 21:37 WIB
Influencer, TikToker review hotel dan makanan.
Adhe Tora, influencer, TikToker review hotel dan makanan. Foto: Dok. Adhe Tora
Jakarta -

Kerja kantoran kerap menjadi pilihan orang usai lulus bekerja. Itu juga yang pertama kali dijalani oleh Adhe Tora (29) ketika lulus dari Universitas Negeri Jakarta. Namun, pada akhirnya ia memberanikan diri untuk berhenti dari kantoran dan fokus menjadi content creator. Ternyata, dia pun tidak pernah menyesali keputusannya itu.

Tora, sapaannya, menekuni bidang review makanan dan hotel melalui akun media sosialnya @adhe.tora. Di Instagram, dia sudah diikuti lebih dari 53,9 ribu followers, sedangkan untuk TikTok @adhetora sudah diikuti 60 ribu lebih.

Kepada detikINET, Tora pun membagikan jatuh bangunnya menjadi content creator. Melalui pesan singkat, Tora mengatakan dirinya memang sudah menyenangi dunia media sosial sejak dulu. Maka dari itu, setelah lulus kuliah, dia memilih bekerja di sejumlah perusahaan sebagai tim sosmed.

"Tepat 2 tahun di kantor itu (tempat terakhir bekerja kantoran -- red), gue resign dan memutuskan resign pas jaman corona buat fokus ngonten. Total 5 tahun kerja kantoran ternyata, nggak kerasa," ujarnya.

Tora awalnya sempat ragu keluar kemudian bertekad jika ia bisa mendapatkan minimal Rp 3 juta dari kerja di medsos dia baru akan meninggalkan pekerjaannya di kantor. Namun, ternyata itu belum cukup untuk meyakinkan dirinya lepas dari zona nyaman. Hingga di suatu titik, dia kewalahan mengerjakan urusan kantor dan permedsosan secara bersamaan.

"Gue ngajuin resign berani karena waktu ngonten gue ternyata nggak cukup sambil kerja kantoran, sering sampai jam 4 gue ngerjainnya, karena gue pulang kantor biasanya di atas jam 9, bahkan jam 11 malam atau lebih," tutur Tora.

"Jadi, setelah pertimbangan 3 bulan, cobain nggak pakai gaji kantor alias nggak utak-atik rekening gajian, apakah bisa hidup, eh ternyata lancar aja. Alhamdulillah sampai sekarang semuanya dilancarin," sambungnya.

Tak langsung mulus, Tora yang makin gencar di media sosial berhadapan dengan batu sandungan pertamanya. Pandemi COVID-19 membuatnya sempat bingung untuk memilih genre konten. Sempat pindah haluan dari travel menjadi food, ia malah menemukan konten bertema staycation atau liburan di dalam kota yang ia jajal laku ditonton warganet.

"Awalnya kan Travel Budget ala mahasiswa. Eh kesandung Corona jadi banting setir food. Ngulik-ngulik, dan akhirnya, saat nggak bisa kemana-mana karena corona, gue pilih staycation di hotel buat review kasih rekomendasi hotel. Berjalan sampai sekarang dan Alhamdulillah sampe kerjasama eksklusif sama brand jadi semacam Brand Ambassador-nya," ungkapnya.

Sekarang, Tora boleh berbangga hati karena usahanya tidak sia-sia. Meski ada juga haters, Tora bersyukur dengan 'Bunda-bunda' yang selalu mendukungnya menciptakan konten yang mengedukasi sekaligus menghibur. Terakhir, Tora pun memberikan saran kepada teman-teman yang ingin resign dan fokus menjadi content creator seperti dirinya.

"Saran gue sih emang perlu dipertimbangkan banyak hal. Selama masih bisa berjalan bersamaan, it's okay (kerja kantoran dan jadi content creator berbarengan)," tandasnya.



Simak Video "Istilah Body Count Viral di TikTok, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT