Selamat Tahun Baru China, Gong Xi Fa Cai!

Selamat Tahun Baru China, Gong Xi Fa Cai!

ADVERTISEMENT

Selamat Tahun Baru China, Gong Xi Fa Cai!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 22 Jan 2023 07:00 WIB
Menyambut tahun baru Imlek klenteng di Jakarta mulai berbenah dan mempersiapkan diri. Salah satunya adalah Vihara Amurva Bhumi di Kuningan, Jakarta.
Ucapan Selamat Tahun Baru China bergema di linimasa. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Netizen merayakan dan mengucapkan Selamat Tahun Baru China (Imlek 2023) 2574 Kongzili. Mereka menyambut perayaan ini dengan menuliskan cuitan di media sosial, khususnya di Twitter.

Saat berita ini ditulis, Gong Xi Fa Cai masuk trending topic dengan lebih dari 11,1 ribu tweet. Begitu juga dengan 'Happy Lunar New Year' yang ditulis 85,1 ribu kali dalam cuitan.

Menurut laman NC State University, kata 'Gong Xi Fa Cai' dibaca 'Gong Hey Fat Choy', artinya 'semoga Anda sejahtera di tahun yang akan datang'. Sedangkan terjemahan dalam bahasa Kanton adalah 'Semoga Anda bahagia dan sejahtera'.

Berikut ini adalah ucapan Selamat Tahun Baru China 2023 yang berseliweran di linimasa. Xin nian kuai le, nian nian you yu.

Menurut perhitungan kalender China, shio Imlek 2023 adalah kelinci air. Setiap tahunnya, kalender China diwakili oleh salah satu dari 12 hewan shio, yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, kera, ayam, anjing, dan babi.

Akan tetapi, ada yang berbeda dengan perayaan Imlek di Vietnam. Sebab, bukannya tahun Kelinci Air, warga Vietnam merayakan Imlek 2574 Kongzili dengan tahun kucing. Di seluruh Vietnam, jalanan setiap sudut kota dihiasi dengan patung kucing.



Simak Video "Kemeriahan Malam Imlek di Pasar Gede Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT