Apple dan Facebook Tergusur dari Daftar Tempat Kerja Terbaik, Kenapa?

Apple dan Facebook Tergusur dari Daftar Tempat Kerja Terbaik, Kenapa?

ADVERTISEMENT

Apple dan Facebook Tergusur dari Daftar Tempat Kerja Terbaik, Kenapa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 15 Jan 2023 09:45 WIB
Kantor Meta
Apple dan Facebook Tak Lagi Jadi Tempat Kerja Terbaik Foto: Getty Images
Jakarta -

Selama bertahun-tahun Apple dan Facebook (kini Meta) menjadi tempat kerja idaman para pekerja teknologi. Tapi menurut data terbaru dari Glassdoor, sepertinya masa jaya keduanya sudah lewat.

Glassdoor baru saja merilis daftar 100 Best Places to Work tahun 2023 yang berisi perusahaan tempat kerja terbaik di Amerika Serikat. Namun nama Apple dan Meta tidak terlihat di daftar tersebut.

Tahun lalu, Meta berada di peringkat 47, penurunan yang cukup signifikan dari peringkat 11 pada tahun 2021. Sementara itu Apple tahun lalu menduduki peringkat 56, turun dari peringkat 31 pada tahun 2021.

Untuk menentukan peringkat tersebut, Glassdoor menganalisis review anonim yang diunggah oleh karyawan di platform miliknya. Mereka mempertimbangkan ratusan ribu perusahaan yang memiliki 1.000 karyawan atau lebih antara 19 Oktober 2021 dan 17 Oktober 2022.

Lead Economist Glassdoor Daniel Zhao mengatakan absennya Apple dan Meta dari daftar tempat kerja terbaik tahun ini cukup mengagetkan.

"Apple selalu masuk dalam daftar ini selama 15 tahun terakhir, sejak daftar ini dimulai," kata Zhao seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (14/1/2023).

"Dan kemudian Meta telah masuk dalam daftar sejak tahun 2011, dan sebelumnya pernah menjadi nomor satu ... Itu tidak berarti Meta dan Apple adalah tempat kerja yang buruk, mereka hanya turun sedikit karena daftarnya lebih kompetitif tahun ini," sambungnya.

Zhao mengungkap beberapa hal yang mungkin menyebabkan Apple dan Meta terdepak dari daftar ini. Untuk kasus Apple, Zhao memperkirakan hal ini disebabkan kebijakan kembali ke kantor yang mendapat respons beragam dari karyawan.

Sedangkan Meta sedang dalam proses pergeseran strategi besar-besaran sebagai perusahaan metaverse. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu juga baru saja mengumumkan PHK skala besar yang berdampak pada 11.000 karyawan.

Meski tidak lagi diisi oleh Apple dan Meta, daftar 100 tempat kerja terbaik masih diisi oleh banyak perusahaan teknologi. Sebut saja Nvidia di peringkat lima, Google di peringkat delapan, Microsoft di peringkat 13, dan LinkedIn di peringkat 19.



Simak Video "Meta Setuju Bayar Rp 11 T Atas Skandal Cambridge Analytica"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT