Bill Gates Akan Jual Aset Tanahnya untuk Disumbangkan

Bill Gates Akan Jual Aset Tanahnya untuk Disumbangkan

ADVERTISEMENT

Bill Gates Akan Jual Aset Tanahnya untuk Disumbangkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 14 Jan 2023 22:30 WIB
Bill Gates
Bill Gates Akan Jual Aset Tanahnya untuk Disumbangkan Foto: AFP via Getty Images/MANDEL NGAN
Jakarta -

Bill Gates sudah berjanji akan menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk amal. Kini dedengkot Microsoft itu mengatakan ia juga akan menjual asetnya untuk disumbangkan.

Dalam sesi Ask Me Anything di Reddit beberapa hari yang lalu, Gates menjawab beberapa pertanyaan dari pengguna Reddit tentang beragam topik. Salah satu pengguna Reddit bertanya mengapa Gates memiliki banyak lahan pertanian di Amerika Serikat.

"Bukankah kontradiktif untuk menjadi seorang humanitarian dan kemudian mengumpulkan sumber daya yang paling langka?" tanya pengguna Reddit u/fanthoshi.

Pengguna Reddit itu merujuk pada Gates yang setahun terakhir memborong lahan pertanian. Pria berkacamata ini memiliki sekitar 275.000 acre lahan pertanian di AS, menurut laporan terbaru Land Report 100. Pada tahun 2021 ada 895,3 juta acre lahan pertanian di AS menurut Kementerian Pertanian AS.

Gates menjawab bahwa ia sebenarnya hanya memiliki sebagian kecil dari total lahan pertanian di AS. Ia juga mengatakan tidak ada rencana tersembunyi di balik investasinya tersebut.

"Saya memiliki kurang dari 1/4.000 lahan pertanian di AS. Saya telah berinvestasi di lahan ini untuk membuatnya menjadi lebih produktif dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja," kata Gates, seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (14/1/2023).

"Tidak ada skema besar yang terlibat -- faktanya, semua kebijakan ini dibuat oleh tim investasi profesional," sambungnya.

Gates kemudian menambahkan bahwa ia sudah berencana menjual lahan yang dimilikinya untuk disumbangkan kepada yayasan amal Bill & Melinda Gates yang ia dirikan bersama mantan istrinya.

"Semua yang sama miliki akan dijual dan uangnya dipindahkan ke Yayasan. Sementara itu, kelompok investasi saya mencoba untuk berinvestasi di aset produktif termasuk lahan pertanian meskipun itu kurang dari 4% dari total," jelasnya.

Pada Juli 2022, Gates mengumumkan ia akan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya kepada Bill & Melinda Gates Foundation meskipun nantinya ia akan terlempar dari daftar orang terkaya di dunia. Saat ini pria berusia 67 tahun itu merupakan orang terkaya nomor tujuh di dunia versi Forbes.



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT