Pencipta Sonic The Hedgehog Ditangkap, Langgar Aturan Dagang

Pencipta Sonic The Hedgehog Ditangkap, Langgar Aturan Dagang

ADVERTISEMENT

Pencipta Sonic The Hedgehog Ditangkap, Langgar Aturan Dagang

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 03 Jan 2023 13:51 WIB
Yuji Naka
Co-creator Sonic the Hedgehog, Yuji Naka dan mantan karyawan Square Enix, Taisuke Sasaki ditangkap. Keduanya melakukan pelanggaran perdagangan insider trading (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Co-creator Sonic the Hedgehog, Yuji Naka dan mantan karyawan Square Enix, Taisuke Sasaki ditangkap. Keduanya melakukan pelanggaran perdagangan insider trading.

Kantor Kejaksaan Umum Distrik Tokyo telah menetapkan, bahwa Naka memiliki informasi rahasia soal game baru Square Enix. Rencananya saat itu, judul baru yang hadir, yakni spin-off dari Final Fantasy, berjudul Final Fantasy VII: The First Soldier.

Dari informasi yang diperoleh Naka, dirinya pun membeli USD 834 ribu atau sekitar Rp 13 miliar saham perusahaan. Dengan harapan nilainya akan meningkat pesat, setelah pengumuman terkait kolaborasi dengan ATeam Entertainment, untuk menggarap game terbaru ke publik.

Seperti dilansir detikINET dari Video Games Chronicle, Selasa (3/1/2022), Sasaki juga diduga telah membeli saham hingga USD 787.318 atau sekitar Rp 12,2 miliar. Namun hingga saat ini, belum jelas kapan keduanya bakal diadili.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, kalau kasus serupa juga sempat terjadi. Naka pernah terlibat skema yang sama, menyoal game Dragon Quest Tact.

Sebelum akhirnya judul garapan Aiming itu rilis, ia turut memboyong sekitar 10 ribu lembar saham. Untuk uang digelontorkannya mencapai USD 20 ribu atau sekitar Rp 311 juta.

Pada penangkapan pertama Naka, Square Enix sudah berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak berwenang. Mereka menyatakan kalau insiden itu ditangani dengan ketat.

"Kami sangat menyesali keprihatinan besar yang ditimbulkan oleh hal ini kepada semua pihak. Kami telah menangani insiden ini dengan ketat, termasuk tindakan disipliner internal yang diambil terhadap karyawan yang dicurigai," ujar Square Enix.

Sebagai tambahan informasi, bahwa Final Fantasy VII: The First Soldier sudah meluncur di ponsel. Gamer bisa menikmatinya melalui Android (Google Play Store) dan iOS (App Store).



Simak Video "Keiji Fujiwara, Pengisi Suara Ayah Shinchan Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT