Influencer TikTok yang Kontroversial Ditangkap Polisi

Influencer TikTok yang Kontroversial Ditangkap Polisi

ADVERTISEMENT

Influencer TikTok yang Kontroversial Ditangkap Polisi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 31 Des 2022 14:15 WIB
Andrew Tate
Influencer TikTok yang Kontroversial Ditangkap Polisi Foto: BBC
Jakarta -

Andrew Tate, mantan kickboxer dan influencer yang kontroversial ditahan polisi Rumania terkait dugaan perdagangan manusia. Tate ditahan setelah sempat mengumbar lokasinya lewat video Twitter.

Tate akan ditahan selama 30 hari bersama saudaranya Tristan dan dua tersangka lainnya yang berasal dari Rumania. Tate dan saudaranya sudah diawasi oleh kepolisian Rumania sejak April 2022.

Penangkapan ini terjadi setelah unit anti-kejahatan terorganisir menggerebek kediaman Tate di mana mereka menemukan enam perempuan yang diduga mengalami eksploitasi seksual oleh para tersangka.

Directorate for the Investigation of Organized Crime and Terrorism (DIICOT) tidak secara langsung menyebut nama Tate dalam keterangan resminya. Tapi mereka mengonfirmasi telah melakukan penggeledahan di lima rumah sambil membawa empat orang yang diduga melakukan tindakan kriminal untuk diinterogasi.

"Keempat tersangka ... tampaknya telah membuat kelompok kejahatan terorganisir dengan tujuan merekrut, menampung, dan mengeksploitasi perempuan dengan memaksa mereka untuk membuat konten porno yang dimaksudkan untuk dilihat di website khusus dengan biaya tertentu," kata kepolisian Rumania, seperti dikutip dari Mashable, Jumat (30/12/2022).

Tate dikenal sebagai influencer yang kontroversial karena komentarnya yang misoginis dan merendahkan perempuan. Ia pernah mengatakan perempuan yang harus bertanggung jawab jika menjadi korban pelecehan seksual.

Tate memiliki jutaan followers di media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, dan YouTube. Namun, belum lama ini Tate dicekal sekaligus oleh Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok.

Setelah akun Twitter-nya sempat diblokir, Tate kembali lagi ke platform microblogging itu setelah CEO Twitter Elon Musk mengampuni sejumlah akun kontroversial.

Sebelum ditahan, Tate sempat adu mulut dengan aktivis lingkungan Greta Thunberg di Twitter. Ia menanggapi ejekan Thunberg dengan mengunggah video yang ternyata mengungkap lokasinya dan mempermudah kepolisian Rumania untuk menangkap Tate.

Ikuti berita menarik detikINET lainnya Google News



Simak Video "Detik-detik Penangkapan Andrew Tate Terkait Perdagangan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT