Prediksi Tren Konten Instagram Tahun 2023, Apa Saja?

Prediksi Tren Konten Instagram Tahun 2023, Apa Saja?

ADVERTISEMENT

Prediksi Tren Konten Instagram Tahun 2023, Apa Saja?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 06 Des 2022 22:15 WIB
Ilustrasi online shop di Instagram.
Prediksi Tren Konten Instagram Tahun 2023, Apa Saja? Foto: Solen Feyissa/Unsplash
Jakarta -

Instagram mengungkap jenis-jenis konten paling populer sepanjang tahun 2022. Konten-konten ini juga diprediksi tetap trending di tahun 2023, apa saja?

Dalam survei yang dilakukan Meta dan Populix dengan sampel 2.000 responden Gen Z di 22 kota di Indonesia, wisata dan kuliner merupakan dua topik paling populer tahun ini dan diprediksi masih akan menjadi topik yang trending di Instagram tahun depan.

"Kita melihat ke depannya topik kuliner dan wisata akan terus menjadi primadona," kata Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara Meta Revie Sylviana dalam acara #MetaID2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

"Jadi teman-teman tahu #PesonaIndonesia itu ada lebih dari 11 juta pengguna untuk hashtag tersebut, dan 37% itu di-drive oleh Gen Z yang meng-create konten dengan menggunakan hashtag tersebut," sambungnya.

Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara Meta Revie SylvianaDirektur Kemitraan Kreator Asia Tenggara Meta Revie Sylviana Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Revie menambahkan popularitas tagar terkait wisata di tahun 2022 dan 2023 kemungkinan didorong oleh pandemi COVID-19 yang mulai mereda dan banyak orang yang mulai jalan-jalan lagi.

Pengguna Instagram di kalangan Gen Z ternyata juga memiliki fitur favorit di platform milik Meta tersebut. Beberapa di antaranya adalah Reels, stiker Add Yours, dan Avatar yang menurut Revie menunjukkan bahwa Gen Z membutuhkan platform yang menyatukan koneksi dan hiburan.

Selain konten wisata dan kuliner, Instagram juga memperkirakan konten Reels yang menggunakan lagu lokal akan semakin banyak. Tahun ini saja, banyak pengguna Reels dari kalangan Gen Z yang memilih membuat konten dengan lagu dari musisi dalam negeri seperti Yura Yunita, Farel Prayoga, Evan Loss, dan Tulus.

"Kita mikirnya Gen Z bakal kebarat-baratan ya tapi ternyata justru mereka mengutamakan lagu Indonesia," jelas Revie.

"Jadi dari studinya kita satu dari dua Gen Z itu prefer menggunakan lagu 'Dunia Tipu-tipu' Yura Yunita saat membuat konten, dan sepertiga dari Gen Z itu mereka suka dengan lagunya 'Ojo Dibandingke'," pungkasnya.



Simak Video "Instagram Bakal Hapus Tab Shopping "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT