Kebaya Mau Diklaim Singapura Cs, Warga +62 Jadi Ribut Sendiri

Kebaya Mau Diklaim Singapura Cs, Warga +62 Jadi Ribut Sendiri

ADVERTISEMENT

Kebaya Mau Diklaim Singapura Cs, Warga +62 Jadi Ribut Sendiri

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 26 Nov 2022 08:54 WIB
Festival kebaya pertama kali di Indonesia diadakan di Banyuwangi
Suasana Festival Kebaya di Banyuwangi (Foto: Putri Akmal/detikcom)
Jakarta -

Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand akan mendaftarkan kebaya ke UNESCO. Netizen Indonesia jadi ribut sendiri.

Namun itulah faktanya, keempat negara itu berencana menjadikan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO. Indonesia sejauh ini tidak menjadi bagian dari inisiasi tersebut.

Dewan Warisan Nasional Singapura mengatakan ini menjadi pengajuan nominasi multinasional pertama. Tapi kok Indonesia tidak diajak ya?

Itulah sekilas reaksi netizen Indonesia di Twitter. Dipantau detikINET, Sabtu (26/11/2022) Kebaya menjadi trending topic dengan 7.933 tweet.

Mereka kebanyakan tidak rela Kebaya diklaim negara tetangga. Ada juga yang menyalahkan sesama anak bangsa yang tidak menghargai baju daerah sendiri, akibatnya diklaim negara lain.

Ada juga yang memaklumi karena kebaya dipakai di banyak negara Asia Tenggara. Ada juga yang berharap, Indonesia baiknya bergabung dengan negara-negara lain mengajukan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO.

Inilah curahan hati masyarakat Indonesia soal kebaya di Twitter:

"Yuk yang orang Jawa kerahkan kekuatanmu #kebaya," kata @tutily***.

"Ngomong2 masalah pakaian tradisional, kebaya akan diklaim negara lain sebgai pakaian adat mrk, koq kita nggak geger ya? Apa krn kita sdh lupa warisan budaya, atau sdh nyaman memakai pakaian budaya negara lain?" kata @rinich***.

"Banyak yang enggak faham klo PETA BUDAYA itu berbeda sama PETA NEGARA. Kebaya bukan hanya ada pada kebudayaan JAWA tapi juga MELAYU," kata @NurmansyahA***.

"Kebaya sih menurut saya adalah hasil akulturasi budaya... Di Singapore, Malaysia dan Indonesia Kebaya Encim dah dipakai sejak dahulu kala... 🥰🥰🥰," kata @udit***.

"Masyarakatnya lebih suka pke cadar, karena kebaya pakaian kafir," sindir @Rivanda***.

"Singapore sudah berkebaya dari dulu spt orang melayu di kawasan. Saat mau daftar, indonesia mau sendiri tp lelet. Yg bilang kebaya bukan gaya singaporean banyak baca agar jgn tolol," kata @Josep582***.

"Indonesia maunya jadiin kebaya milik Indonesia seorang. ya udah gone," kritik @derangedta***.



Simak Video "Dua Pemeran Video Kebaya Merah Kini Berbaju Tahanan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT