Fakta Mobil Esemka yang Viral di Medsos, Disebut Punya Pelat Nomor Ghoib

Fakta Mobil Esemka yang Viral di Medsos, Disebut Punya Pelat Nomor Ghoib

ADVERTISEMENT

Fakta Mobil Esemka yang Viral di Medsos, Disebut Punya Pelat Nomor Ghoib

Tim - detikInet
Senin, 14 Nov 2022 19:44 WIB
Mobil Esemka dipamerkan di Kantor Mendiknas 20 Mei 2009
Esemka masuk trending topic Twitter. Foto: dok detikOto
Jakarta -

Esemka masuk trending topic di Twitter dengan lebih dari 10 ribu cuitan. Semua bermula dari keberadaan mobil Esemka yang mulai ditemui di jalanan. Banyak yang kebingungan, apakah itu adalah hoax atau bukan.

Mobil Esemka sudah lama digaungkan, menjadi kebanggaan karena merupakan salah satu mobil buatan Indonesia. Berikut ini adalah fakta Esemka yang menduduki trending topic Twitter Indonesia, merangkum dari detikOto.

1. Esemka ada sejak tahun 2019

Mobil Esemka Bima telah meluncur sebagai kendaraan komersial pada September 2019, dengan harga kurang dari Rp 150 juta. Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Sabar Budi mengatakan harga Esemka pada 2020 lalu hanya Rp 125 juta (OTR pulau Jawa).

2. Sudah terjual 300 unit

Per data Februari 2021, Sabar Budi Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai prinsipal Esemka mengatakan mobil-mobil Esemka sudah terjual sebanyak 300-an unit sejak diluncurkan. Mobil Esemka yang dijual adalah pikap Esemka Bima dengan mesin 1.200 cc dan 1.300 cc, sebagaimana ditulis detikOTO.

3. Benarkah berpelat nomor ghoib?

Berdasarkan penelusuran tim detikOTO terhadap salah satu pelat nomor yang viral di media sosial (B 9016 WAI), ditemukan fakta bahwa kendaraan mobil pikap Esemka ternyata valid. Penelusuran dilakukan dengan aplikasi SAMBAT atau e-Samsat Banten. Diketahui mobil yang viral itu terdaftar sebagai mobil pikap lansiran tahun 2018 berwarna silver, lengkap juga informasi pajak tahun yang dipatok Rp 2.756.600.



Simak Video "Heboh #Instagramdown, Banyak Akun Instagram Kena Suspend"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT