Twitter Dibeli Elon Musk, Mastodon Panen Pengguna Baru

Twitter Dibeli Elon Musk, Mastodon Panen Pengguna Baru

ADVERTISEMENT

Twitter Dibeli Elon Musk, Mastodon Panen Pengguna Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 13 Nov 2022 08:24 WIB
Apikasi Mastodon pengganti Twitter
Twitter Dibeli Elon Musk, Pesaingnya Malah Panen Pengguna Baru Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Drama di Twitter setelah diakuisisi oleh Elon Musk membuat banyak pengguna berpaling ke aplikasi lain. Dalam beberapa hari terakhir, media sosial dan platform microblogging alternatif terlihat mendapatkan lonjakan pengguna baru.

Sebut saja Mastodon, aplikasi media sosial terdesentralisasi yang jadi tujuan utama migrasi pengguna Twitter. Pendiri dan CEO Mastodon Eugen Rochko mengatakan platform ciptaannya saat ini memiliki 1 juta pengguna aktif bulanan setelah lebih dari 500.000 pengguna baru bergabung sejak akuisisi Twitter selesai pada 27 Oktober.

Menurut data firma Sensor Tower, Mastodon mendapatkan 320.000 download baru dari toko aplikasi di Amerika Serikat pada periode 27 Oktober - 7 November. Secara global, Mastodon tumbuh 657% menjadi 1 juta download dalam periode yang sama, naik dari 15.000 pada 12 hari sebelumnya.

Tapi Mastodon bukan satu-satunya aplikasi alternatif yang dituju mantan pengguna Twitter. Tumblr juga tumbuh 77% dari 170.000 instal menjadi 301.000 instal dalam periode yang secara global.

Aplikasi media sosial alternatif CounterSocial juga tumbuh 3.200% secara global, dengan jumlah download mencapai 33.000, seperti dikutip dari TechCrunch, Sabtu (12/11/2022).

Tapi Twitter tidak hanya mendapatkan berita buruk saja. Ternyata, banyak juga pengguna baru yang menginstal Twitter sejak diakuisisi oleh Elon Musk. Menurut data Sensor Tower, jumlah download Twitter naik 21% dalam 12 hari setelah diambil alih oleh Musk.

Sensor Tower melaporkan Twitter mencatatkan 7,6 juta download secara global dan meraup USD 502.000 dari penggunanya. Sebuah peningkatan dari 6,3 juta download dan pemasukan USD 303.000 dari periode sebelum dibeli oleh Musk.

Tapi angka pemasukan ini mungkin tidak sepenuhnya akurat. Pasalnya, Twitter Blue yang merupakan produk jualan utama Twitter untuk penggunanya saat ini sedang ditangguhkan hanya beberapa hari setelah diluncurkan.



Simak Video "Elon Musk Bakal Bentuk Dewan Moderasi Twitter, Apa Tugasnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT